Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi pada PT XYZ Menggunakan COBIT 2019

Kurniawan, Jesslyn (2023) Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi pada PT XYZ Menggunakan COBIT 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (996kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

PT XYZ merupakan salah satu perusahan konsultasi manajemen di Jakarta. Perusahaan ini mempunyai banyak produk terkait dengan teknologi informasi. Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari berbagai macam permasalahan. Oleh karena itu, dilakukanlah pengukuran kapabilitas tata kelola teknologi informasi di PT XYZ. Pengukuran kapabilitas tata kelola teknologi informasi dilandasi oleh permasalahan yang kerap kali dihadapi perusahaan dalam hal pengelolaan proyek yang diikuti dengan permasalahan terkait anggaran TI perusahaan dan sumber daya manusia yang terampil dalam teknologi informasi. Pengukuran kapabilitas dilakukan dengan menggunakan COBIT 2019 dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi pustaka. Hasil dari pengumpulan data tersebut didapatkan bahwa ada 3 proses domain COBIT 2019 yang cocok dengan permasalahan perusahaan yaitu APO06 ­ Managed Budget and Costs, APO07 ­ Managed Human Resources, dan BAI11- Managed Projects. Hasil pengukuran kapabilitas yang dilakukan mendapat simpulan bahwa ketiga proses domain yang dipilih yaitu APO06, APO07, dan BAI11 mendapat pencapaian di level 2 dengan perolehan nilai 80.6%., 82.7%, dan 84.5% sehingga dapat dikategorikan sebagai Largely Achieved sehingga perusahaan mendapatkan beberapa rekomendasi perbaikan dan peningkatan untuk meningkatkan kualitas tata kelola teknologi informasi mereka dan mencapai level yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 2019, Pengukuran Kapabilitas, Teknologi Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2023 09:46
Last Modified: 03 Aug 2023 06:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25537

Actions (login required)

View Item View Item