Implementasi Gamifikasi Octalysis pada Aplikasi Personal Finance Berbasis Mobile

Gunawan, Elissa (2023) Implementasi Gamifikasi Octalysis pada Aplikasi Personal Finance Berbasis Mobile. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Personal finance adalah sebuah proses untuk mengontrol pendapatan dan menata pengeluaran melalui detail perencanaan keuangan. Pentingnya personal finance ini dapat meningkatkan standar hidup yang mengarah pada kesehatan dan mengurangi stress pada segi keuangan secara signifikan. Tetapi, kenyataannya masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui personal finance atau menganggap hal itu tidak penting. Cara terbaik untuk merekam personal finance sehari- harinya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile akan lebih efektif dan efisien, dimana pengguna gadget di Indonesia mencapai 63% dari total populasi penduduk Indonesia. Untuk memberikan motivasi agar pengguna dapat mengatur keuangannya dengan dilakukannya gamifikasi pada aplikasi. Gamifikasi adalah customer-centricity yang membantu orang-orang untuk mencapai tujuannya, salah satu metode gamifikasi adalah octalysis framework. Salah satu solusi yang dapat diberikan dari masalah tersebut adalah dengan dibangunnya aplikasi personal finance dengan gamifikasi octalysis dalam basis mobile. Metode octalysis dipilih karena dapat mengoptimalkan motivasi untuk mengelola perencanaan keuangan dalam suatu sistem. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman React Native untuk front-end dan bahasa pemrograman Golang untuk back-end. Sebanyak 35 responden telah memberikan penilaian terhadap aplikasi ini dengan metode HMSAM dan perhitungan skala likert didapatkan hasil akhir tingkat behavioral intention to use para pengguna sebesar 74.8% dan tingkat immersion para pengguna sebesar 76.32% yang berarti pengguna setuju dengan aplikasi ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gamifikasi, Golang, Mobile, Personal Finance, React Native
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:46
Last Modified: 09 Aug 2023 01:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item