Pengukuran Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework COBIT 5 pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah XYZ

Syakila, Nida (2023) Pengukuran Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework COBIT 5 pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tata kelola TI yang efektif sangat penting untuk memastikan keselarasan strategis, manajemen yang efisien, dan pemanfaatan yang aman dari sumber daya teknologi informasi dalam institusi pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat capability pengelolaan TI serta melakukan analisis gap terhadap tata kelola TI di perguruan tinggi menggunakan framework COBIT 5. Berdasarkan permasalahan dan temuan yang ditemukan pada SITI XYZ, penelitian ini penting untuk membantu dalam meningkatkan efektivitas tata kelola TI dan manajemen risiko TI sesuai dengan praktik terbaik yang ditetapkan oleh COBIT 5. Metode penelitian yang digunakan melibatkan satu perguruan tinggi keagamaan islam swasta yaitu sebagai objek penelitian yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) XYZ. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak terkait dan observasi langsung terhadap tata kelola TI yang ada. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 5 sebagai panduan untuk mengukur tingkat capability dan menganalisis gap dalam tata kelola TI pada STIT XYZ. Pengukuran tingkat capability tersebut mengacu pada beberapa tahapan Audit TI terhadap tata kelola TI pada STIT XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STIT XYZ memiliki tingkat kapabilitas yang beragam dalam berbagai domain dan proses framework COBIT 5. Proses COBIT 5 yang terpilih pada penelitian ini terdiri dari APO04, APO12, dan BAI04. Analisis gap mengungkapkan adanya kesenjangan antara praktik aktual perguruan tinggi dan praktik terbaik yang ditetapkan oleh COBIT 5. Beberapa area yang mengalami kesenjangan signifikan termasuk tata kelola TI dan manajemen risiko TI. Analisis gap yang dilakukan pada penelitian ini mendapatkan gap tingkat 1 dari masing- masing tingkat capability.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audit Teknologi Informasi, COBIT 5, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah XYZ, Tingkat Kapabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:46
Last Modified: 02 Aug 2023 06:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25544

Actions (login required)

View Item View Item