Perancangan Buku Panduan Berilustrasi Mengenai Pencegahan Sibling Abuse

Angeline, Flamy (2023) Perancangan Buku Panduan Berilustrasi Mengenai Pencegahan Sibling Abuse. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sibling abuse, dikenal juga sebagai sibling bullying, adalah kekerasan antar saudara dalam bentuk fisik, psikis, atau seksual. Sibling abuse dapat terjadi karena kompetisi antar saudara (sibling rivalry) yang sudah mengarah negatif dan semakin intens hingga sudah menjadi kebiasaan. Sibling abuse dapat terjadi pada umur berapa saja, namun usia terdininya bisa dikatakan saat usia SD karena pengalaman pertama kali mendapatkan PR dan ulangan di sekolah yang membuat anak stress dan melampiaskannya dalam bentuk kekerasan. Dipicu dengan kompetisi antar saudara yang mengarah negatif dan semakin intens hingga menjadi kebiasaan, sibling abuse dapat menjadi parah. Bagaimana orangtua merespon dan mengasuh anak adalah kunci pencegahan sibling abuse. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 95% menyadari bahwa anak-anaknya sering bertengkar namun 52.5% dari orangtua masih melakukan hal-hal yang dianggap dapat memicu sibling abuse, seperti contohnya yaitu langsung menyuruh sang kakak mengalah tanpa mencari tahu terlebih dulu. Padahal, sibling abuse dapat membawa dampak buruk pada kesehatan mental dan fisik setiap anak, kehidupan sosialnya, hubungan antar saudara hingga keluarga menjadi tidak harmonis jika orangtua tidak segera melakukan pencegahan pada sibling abuse. Dengan alasan media informasi yang sudah ada secara visual kurang menarik, bahasa yang kurang dipahami, dan terlalu banyak tulisan menjadi alasan penulis mengajukan perancangan media informasi berupa buku panduan berilustrasi mengenai pencegahan sibling abuse dengan menggunakan metode desain Robin Landa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media informasi, pencegahan, hubungan antar saudara, sibling abuse, pola asuh orangtua
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
000 Computer Science, Information and General Works > 090 Manuscripts and Rare Books > 096 Books notable for illustrations
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:49
Last Modified: 28 Aug 2023 00:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25562

Actions (login required)

View Item View Item