Perancangan Enterprise Architecture untuk Human Resource Management Menggunakan TOGAF (Studi Kasus: PT XYZ)

Sertivia Suprapto, Devita (2023) Perancangan Enterprise Architecture untuk Human Resource Management Menggunakan TOGAF (Studi Kasus: PT XYZ). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada era digital, seluruh bidang usaha termasuk sebuah induk perusahaan memerlukan bantuan teknologi informasi. Pada penelitian ini, PT XYZ merupakan induk dari anak perusahaan yang bergerak dalam bidang finansial. Perusahaan induk juga memiliki struktur organisasi dalam menjalankan fungsi dan peran perusahaan. Salah satu fungsi bisnis yang memegang peranan penting adalah sumber daya manusia namun sayangnya, PT XYZ memiliki beberapa masalah terkait dengan keselarasan proses bisnis sumber daya manusia dengan implementasi teknologi informasi. Masalah yang ditemukan adalah penggunaan teknologi yang belum merata dan maksimal serta keinginan untuk mengembangkan fitur baru untuk mengukur kinerja karyawan. Oleh sebab itu, penelitian akan menyelesaikan permasalahan dengan melakukan perancangan arsitektur enterprise untuk manajemen sumber daya manusia PT XYZ. Perancangan arsitektur enterprise menggunakan kerangka kerja The Open Group Architecture Framework (TOGAF). TOGAF merupakan kerangka kerja terbaik untuk perancangan arsitektur enterprise dikarenakan menyediakan dokumentasi dan langkah yang lengkap. Fase yang akan dijalankan adalah fase awal hingga fase kesempatan dan solusi. Perancangan menggunakan kerangka kerja TOGAF menghasilkan luaran untuk setiap fase yang dijalankan. Fase awal menghasilkan analisis 5W+1H. Arsitektur visi menghasilkan diagram nilai rantai dan diagram konsep solusi. Arsitektur bisnis menghasilkan diagram alur bisnis. Arsitektur sistem informasi menghasilkan diagram hubungan entitas untuk data dan rancangan aplikasi berupa diagram use case, diagram aktivitas, dan antarmuka. Arsitektur teknologi menghasilkan diagram jaringan dan komunikasi serta spesifikasi perangkat keras. Fase kesempatan dan solusi menghasilkan diagram keuntungan dan prioritas implementasi sistem. Tanggapan PT XYZ terkait hasil akhir perancangan arsitektur enterprise adalah hasil lengkap, rapi, saling berkesinambungan antar komponen arsitektur, dapat dipahami dari sisi bisnis dan TI, serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Arsitektur Enterprise, Induk Perusahaan, Perancangan, TOGAF, Manajemen Sumber Daya Manusia.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:53
Last Modified: 02 Aug 2023 06:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item View Item