Analisis Pengelolaan Layanan IT Helpdesk pada PT Jasaraharja Putera dengan Framework ITIL V4

Akmal Ramadhan, Naufal (2023) Analisis Pengelolaan Layanan IT Helpdesk pada PT Jasaraharja Putera dengan Framework ITIL V4. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi akan terus berkembang menjadi suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, teknologi akan terus berkembang untuk membantu perusahaan untuk mempermudah proses perkerjaan agar bisa bejalan dengan efisien dan efektif. Salah satunya adalah PT Jasaraharja Putera yang menggunakan layanan IT Helpdesk untuk membantu dalam mengatasi insiden dan masalah yang terjadi dalam perusahaan seperti Server error, Internet trouble, atau Insiden yang terjadi pada Asset IT. namun pengelolaan Insiden dan masalah layanan IT belum didasari dengan standar manajemen layanan IT yang sesuai standar, sehingga banyak ditemukan masalah dalam layanan IT tersebut. ITIL (singkatan dari Library of Information Technology Infrastructure) adalah pedoman untuk manajemen layanan IT yang telah ada selama lebih dari 30 tahun. Versi terbaru ITIL V4, memperbarui banyak praktik ITSM yang mapan untuk konteks yang lebih luas, termasuk pengalaman pelanggan, dalam penelitian ini akan mengukur tingkat kematangan dalam penaganan insiden dan masalah yang terjadi dalam perusahaan dengan menggunakan ITIL Self Assessment dan perhitungan gap analisis dan juga perhitungan maturity level untuk mengetahui seberapa matang tata kelola teknologi informasi pada perusahaan dan juga dapat mengetahui perbandingan kinerja sesungguhnya dengan kinerja yang diharapkan. Bedasarkan hasil analisis PT Jasaraharja suda mencapai level 1.5 (Management intent) untuk Problem Management dan level 3(Products) untuk Incident Management. Dimana dapat disimpulkan proses kerja pada penanganan insiden dan masalah telah bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: IT Helpdesk, Incident Management, ITIL, Layanan IT, ProblemManagemen
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:55
Last Modified: 06 Jul 2023 08:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25599

Actions (login required)

View Item View Item