Perancangan Video Game Mengenai Critical Thinking Remaja Perempuan

Nabila, Fira (2023) Perancangan Video Game Mengenai Critical Thinking Remaja Perempuan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi. Akan tetapi, kemudahan ini membuat banyak informasi palsu atau hoax yang beredar. Untuk memilah informasi yang benar diperlukan kemampuan seseorang dalam menganalisa kebenaran informasi yaitu critical thinking. Kemampuan ini menjadi penting untuk dikembangkan bagi remaja perempuan. Hal ini didasari dengan jumlah kelompok usia tertinggi dalam mengkonsumsi informasi digital serta sebagian besar kasus penipuan online terjadi kepada remaja perempuan. Media yang menyajikan pembelajaran critical thinking sebagian besar masih menggunakan komunikasi satu arah. Oleh karena itu, penulis mengajukan perancangan mengenai video game mengenai critical thinking remaja perempuan. Media ini dirancang melalui media game-based learning dengan pendekatan storytelling mengenai cerita petualangan yang bertujuan untuk menstimulasi remaja perempuan dalam menganalisa dan membuat keputusan yang baik. Perancangan ini dilakukan melalui mixed methods dengan wawancara, forum group discussion, studi eksisting, studi referensi, dan survei. Metode ini didasari dengan metode perancangan dari penggabungan dua metode yaitu Human-Centered Design oleh IDEO dan Game Design Workshop oleh Fullerton.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Critical Thinking, Remaja Perempuan, Video Game
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:47
Last Modified: 04 Oct 2023 01:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25627

Actions (login required)

View Item View Item