Perancangan Board Game Pengenalan Emosi untuk Remaja

Vincent Santoso, Christian (2023) Perancangan Board Game Pengenalan Emosi untuk Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Emosi mengacu pada pemikiran dan perasaan yang spesial secara psikologis dan biologis untuk melakukan suatu tindakan (Goleman, 2020). Emosi berpengaruh terhadap perkembangan setiap manusia, terutama pada saat remaja. Hal ini dikarenakan remaja masih memiliki pemikiran yang belum sempurna sehingga seringkali merasa bingung atas apa yang sedang dialami oleh dirinya, salah satunya adalah emosi. Remaja yang merasa bingung akan emosinya bisa saja memikirkan akan dirinya sehingga membuat dirinya merasa cemas, hingga penyakit mental yang diakibatkan oleh cemas yang berlebih. Pengenalan emosi perlu dilakukan agar mengurangi terjadinya penyakit mental yang diakibatkan secara emosional. Penulis memilih untuk membuat media interaktif berbasis permainan papan untuk mengenalkan emosi pada remaja karena board game merupakan salah satu media informasi yang efektif. Metodelogi perancangan yang penulis gunakan adalah "How I Design a Game" dari Andrew Looney yang dituliskan pada bukunya yang berjudul "Kobold Guide to Board Game Design". Tahapan yang penulis lakukan dalam perancangan adalah Ideation, Theme-driven vs Mechanic-driven, Card Game vs Board Game, Reality Check, Write a Design Memo, Develop the Idea, Know Your Audience, Build a Prototype, Write the Rules, Play Test, Simplify, dan Publish.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: emosi, remaja, permainan papan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:48
Last Modified: 18 Oct 2023 00:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25635

Actions (login required)

View Item View Item