Rancang Bangun Front End Sistem Media Komunitas Sosial Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara)

Kenneth Suryatenggara, Gunakaro (2023) Rancang Bangun Front End Sistem Media Komunitas Sosial Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Multimedia Nusantara merupakan salah satu universitas di Tangerang yang memiliki ratusan hingga ribuan mahasiswa atau civitas akademika, serta memiliki puluhan berbagai macam organisasi baik secara akademik maupun non-akademik, sehingga dengan adanya hal-hal tersebut dapat menjadi suatu kemungkinan adanya peningkatan suatu koneksi dan hubungan antara satu civitas akademika dengan civitas akademika lainnya. Informasi-informasi pada kampus, saat ini dapat kita terima dan lihat melalui berbagai media yang sudah disediakan oleh kampus seperti mading, email student, akun media sosial suatu organisasi kampus, dan berbagai media lainnya, namun media-media tersebut dirasa masih ada kekurangan, seperti kurang ter-eksposnya informasi tersebut seperti contohnya karya seorang civitas akademika. Oleh karena itu, dilakukan perancangan dan pembuatan sistem website media komunitas sosial menggunakan metode Rapid Application Development yaitu suatu metode yang memungkinkan merancang dan membangun suatu sistem dengan cepat dan efektif namun mendapatkan hasil yang baik, dan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu requirement planning, design workshop, dan implementation. Penelitian yang dilakukan berfokus pada sisi sistem front end, dimana tahap perancangan menggunakan platform draw.io untuk membuat suatu alur flowchart dari sistem website media komunitas sosial, kemudian pada tahap desain tampilan antarmuka menggunakan platform Figma untuk membangun desain antarmuka sebelum diimplementasikan menjadi suatu sistem, setelah itu tahap implementasi menggunakan framework Next.js serta Tailwind CSS untuk mengimplementasikan desain tampilan antarmuka menjadi sistem website. Sistem website media komunitas sosial dari sisi front end berhasil dirancang dan dibangun dan mendapatkan hasil perhitungan User Acceptance Testing yaitu jenis pertanyaan Perceive Usefulness sebesar 88,08% dengan kesimpulan sangat setuju dan Perceive Satisfaction sebesar 88,67% dengan kesimpulan sangat setuju dengan adanya sistem website komunitas sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media sosial, front end, rapid application development
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:49
Last Modified: 16 Aug 2023 01:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25639

Actions (login required)

View Item View Item