Perancangan E-Book Ilustrasi tentang Infeksi Cacing untuk Pemilik Kucing Peliharaan

Violetta Isatyawan, Gladys (2023) Perancangan E-Book Ilustrasi tentang Infeksi Cacing untuk Pemilik Kucing Peliharaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia adalah negara dengan pemilik kucing terbanyak se-Asia, yaitu sebesar 69%. Kucing peliharaan rentan terhadap berbagai penyakit, salah satu penyakit yang umum terdapat pada kucing adalah infeksi cacing atau cacingan, yaitu penyakit parasit yang dikategorikan sebagai Neglected Tropical Disease atau sering disepelekan oleh masyarakat. Sedangkan Indonesia sebagai negara tropis memiliki lingkungan yang ideal bagi cacing untuk berkembang biak melalui inangnya. Cacing parasit bersifat zoonosis yang berarti dapat menular kepada manusia melalui kontak dengan kucing terinfeksi. Berdasarkan data yang didapatkan dari metode pengambilan data secara hybrid, penulis menemukan bahwa terdapat cukup banyak pemilik kucing di Indonesia belum memahami fenomena infeksi cacing pada kucing sehingga belum melakukan tindakan pencegahan. Hal ini terjadi karena media informasi yang kurang memadai dan kurangnya sosialisasi mengenai isu ini di Indonesia. Maka itu dirumuskan sebuah solusi berupa perancangan media informasi dalam bentuk E-Book mengenai infeksi cacing pada kucing peliharaan. Dipublikasikan melalui kerjasama dengan organisasi pecinta kucing terbesar di Indonesia yaitu Indonesian Cat Association (ICA), sejalan dengan program edukasi masyarakat yang ada dalam misi ICA.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kucing peliharaan, Infeksi cacing, Zoonosis, Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:53
Last Modified: 18 Oct 2023 00:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25660

Actions (login required)

View Item View Item