Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola TI Sistem Pelaporan Menggunakan COBIT 2019 (Studi Kasus: UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor)

Susanto Adikusuma, Mikhael (2023) Pengukuran Kapabilitas Tata Kelola TI Sistem Pelaporan Menggunakan COBIT 2019 (Studi Kasus: UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada masa kini, memiliki pengaruh cukup besar terhadap kehidupan termasuk di dalam sektor pemerintahan. UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor adalah instansi pemerintah yang melakukan tugas pengawasan ketenagakerjaan, yang juga telah menggunakan teknologi informasi untuk mendukung beberapa aktivitas kerjanya. Namun, belum pernah dilakukan pengukuran tata kelola teknologi informasi, dan berdasarkan observasi instansi masih menghadapi beberapa permasalahan pada tata kelola teknologi informasi seperti wujud kebutuhan dan pengembangan kemampuan sumber daya manusia yang masih kurang baik dalam penanganan teknologi informasi serta masih kurangnya integrasi antar departemen TI dengan bisnis. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut maka dilakukan penilaian tata kelola Teknologi Informasi dengan kerangka kerja COBIT 2019 dan didukung dengan metode wawancara, studi literatur, juga kuesioner. Tahap- tahap awal yang dilakukan adalah melakukan wawancara kepada karyawan di UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor untuk pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan dijadikan bahan untuk penentuan pemilihan proses yang tepat agar dapat dijadikan bahan rerkomendasi demi perbaikan tata kelola instansi. Domain yang ditindaklanjuti dari COBIT 2019 adalah BAI03 - Managed Solutions Identification & Build, BAI05 - Managed Organizational Change, dan BAI07 - Managed IT Change Acceptance and Transitioning. Hasil dari penelitian terhadap tata kelola TI pada instansi UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor adalah domain BAI03, BAI05, dan BAI07 berhenti di level 2 dengan mencapai kategori Largely Achieved. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui level kapabilitas tata kelola teknologi informasi yang dimiliki instansi serta menjadi acuan perbaikan permasalahan yang terjadi pada instansi dengan menggunakan rekomendasi yang sudah diberikan kepada instansi sebagai acuan untuk memperbaiki tata kelola teknologi informasi yang dimiliki instansi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audit Sistem Informasi, COBIT 2019, dan Tata Kelola Teknologi Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.8 Computer Security, Data Security
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:55
Last Modified: 02 Aug 2023 06:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25673

Actions (login required)

View Item View Item