Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Website dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: SMK Bintang Nusantara)

Firmansyah, Aries (2023) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Website dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: SMK Bintang Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

E-Learning system yang menjadi sebuah Teknologi Informasi dan Komunikasi pada bidang pendidikan sangat diperlukan sebagai sebuah sistem untuk memudahkan para siswa maupun siswi mengakses bahan belajar pada sekolah. Pada sekolah SMK Bintang Nusantara, tidak terdapat sebuah Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk para siswa dan siswi mengakses informasi mengenai kegiatan, dan juga pembelajaran secara online. Pengembangan e-learning system menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Metode pengembangan RAD merupakan metode yang pengembangan cepat iteratif dan berulang sampai pada versi final. Pengembangan menggunakan metode RAD memerlukan waktu 2 - 3 bulan dan mempunyai 4 tahapan, yaitu perencanaan kebutuhan dengan melakukan wawancara untuk menentukan kebutuhan dari sistem yang dibuat, user design untuk pembuatan perancangan pembuatan mockup, dan juga flowchart, konstruksi untuk melakukan pengembangan sistem dengan memasukkan fisher-yates algorithm untuk proses mengacak soal pada e-learning system yang dibuat, dan yang terakhir yaitu pengujian dan evaluasi dengan menggunakan metode USE Questionnaire untuk pengujian evaluasi. Hasil pengujian menggunakan USE Questionnare menunjukkan persentase secara keseluruhan sebesar 89,2% dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rancang bangun e-learning system berbasis website diterima dengan baik oleh pengguna e-learning system SMK Bintang Nusantara.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: E-Learning, E-Learning, Fisher Yates, Rapid Application Development, USE Questionnaire
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 10:00
Last Modified: 23 Aug 2023 05:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item