Perancangan Kampanye Sosial Pandangan Masyarakat tentang Orang Bertato

Tanner, Louis (2023) Perancangan Kampanye Sosial Pandangan Masyarakat tentang Orang Bertato. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena tato di Indonesia sebenarnya sudah hadir dalam masyarakat adat Indonesia sebagai simbol adat yang memegang makna sakral dan berkaitan erat dengan tradisi atau adat dari masing-masing suku. Makna tato kemudian mengalami reduksi dan pergeseran makna yang semula bersifat sakral hingga menjadi simbol kekerasan yang disebabkan oleh entitas kelompok masyarakat tertentu. Akibat dari pergeseran makna yang sebelumnya telah terjadi, stigma negatif yang sebelumnya muncul masih diterapkan pada seni tato modern yang sekarang berkembang di kalangan masyarakat. Persepsi negatif masyarakat tentang orang bertato yang tertanam, berujung pada tindakan dan perilaku seperti diskriminasi hingga generalisasi yang membuat orang bertato mengalami hambatan dalam perkembangan hidup mereka, baik dalam lingkungan sosial, karir, hingga hak yang seharusnya dipegang secara sama rata oleh semua masyarakat dalam menjalani hidupnya. Solusi yang ditawarkan oleh penulis terkait dengan permasalahan tersebut adalah perancangan kampanye sosial yang ditujukan untuk mereduksi stigma negatif dan menghilangkan sikap atau perilaku diskriminatif terhadap orang bertato. Metode perancangan kampanye yang digunakan didasari oleh metode perancangan desain Robin Landa, yang terdiri atas enam tahapan yaitu overview, strategy, idea, design, production, dan implementation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Sosial, Pandangan Masyarakat, Tato
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:49
Last Modified: 13 Oct 2023 00:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25740

Actions (login required)

View Item View Item