Abby, Valerie (2023) Online Self-Presentation @tyasnastiti dalam Membangun Kredibilitas sebagai Education Influencer di Media Sosial Tiktok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (148kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (125kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
Abstract
Pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk mencari informasi dan edukasi kini semakin meningkat. Salah satu media sosial yang menyuguhkan berbagai konten edukasi dan kini tengah menyita perhatian masyarakat Indonesia adalah Tiktok. Fenomena ini kemudian memunculkan hadirnya education influencer di Tiktok yang menghasilkan konten-konten edukatif. Salah satunya adalah @tyasnastiti atau yang kerap disapa Mbak Yas. Untuk bisa mengedukasi dan mempersuasi para pengikutnya, kredibilitas dari Mbak Yas sebagai education influencer sangatlah krusial. Dalam membangun kredibilitas, Mbak Yas perlu mengelola kesan yang baik secara virtual agar mampu membentuk persona atau citra diri yang dapat dipercaya. Strategi pengelolaan kesan secara virtual ini disebut sebagai kebutuhan untuk melakukan presentasi diri (self-presentation). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana online self-presentation @tyasnastiti dalam membangun kredibilitas sebagai education influencer di media sosial Tiktok. Teori dan konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kredibilitas Sumber(Source Credibility Theory) dan Konsep Presentasi Diri Online (Online Self-Presentation) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mbak Yas telah menjalankan berbagai strategi terkait dengan online-self presentation yaitu strategi ingratiation dan strategi self-promotion melalui dimensi diri (self) yang otentik atau sebenarnya. Selain itu Mbak Yas tetap memperhatikan aspek-aspek pembentuk kesan yang baik ketika melakukan presentasi diri yang mencakup jumlah orang yang terlibat dalam konten, gaya berpakaian, dan tipe shot pada akun @tyasnastiti dalam membangun kredibilitas sebagai education influencer di media sosial Tiktok dengan content planning yang matang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Education Influencer, Kredibilitas, Media Sosial Tiktok, Online Self- Presentation |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 09:49 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 10:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25744 |
Actions (login required)
View Item |