Perancangan Kampanye Interaktif Pola Makan Sehat untuk Pekerja Berusia Produktif 22-28 Tahun

Evelyn, Calistia (2023) Perancangan Kampanye Interaktif Pola Makan Sehat untuk Pekerja Berusia Produktif 22-28 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Setiap tenaga kerja di usia produktif membutuhkan kesehatan yang prima untuk menjaga produktivitasnya. Hal ini perlu didampingi dengan gaya hidup sehat yang salah satunya mencakup pola makan sehat sebagaimana yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Center for Health Research di Healthways menunjukkan bahwa adanya peningkatan performa dan produktivitas kerja sebesar 25% pada karyawan yang mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, Jurnal Population Health Management juga mencatat bahwa adanya peningkatan risiko loss productivity sebesar 66% terhadap karyawan dengan pola makan buruk. Namun, pola makan sehat ini sering kali diabaikan oleh para tenaga kerja hingga mengakibatkan peningkatan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) pula di usia produktif seperti yang dibuktikan dari Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas) tahun 2018. Bahkan, World Health Assembly mencatat bahwa 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh PTM. Ancaman ini dapat berdampak signifikan bagi SDM dan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, perancangan kampanye interaktif pola makan sehat untuk pekerja berusia produktif 22-28 tahun ini pun dibuat untuk mewujudkan generasi yang lebih sehat menuju Indonesia maju 2045. Kampanye interaktif ini mengusung tema perjalanan yang menunjukkan pesan bahwa pola makan sehat merupakan proses perjalanan investasi jangka panjang yang bisa memberikan imbal hasil positif berupa masa depan yang lebih baik dan berkualitas dengan kesehatan yang prima. Media kampanye mencakup website, interactive digital panel display, wall branding dan hanging alley kereta rel listrik, billboard, Instagram ads, Spotify ads, Instagram Feeds, Instagram Stories, podcast, challenge, merchandise, twibbon, serta Instagram filter yang telah dirancang sesuai dengan kaidah desain komunikasi visual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kampanye interaktif, pola makan sehat, pekerja berusia produktif
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:57
Last Modified: 05 Sep 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25797

Actions (login required)

View Item View Item