Perancangan Komik Digital Meningkatkan Kepedulian Anoa untuk Anak Remaja Berumur 13-15 Tahun

Kosasih, Tiffany (2023) Perancangan Komik Digital Meningkatkan Kepedulian Anoa untuk Anak Remaja Berumur 13-15 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Anoa merupakan hewan endemik Sulawesi, hewan terancam punah. Hal ini terjadi karena kurangnya upaya perlindungan dan kepedulian pada hewan anoa. Sehingga membuat BKSDA Sulawesi Utara membuat program perlindungan anoa yaitu Anoa Breeding Centre, program tersebut telah melakukan `school outreach' pada anak SD dan SMP yang berkisar umur 10- 15 tahun dengan media presentasi dan poster. Namun, pengajian informasi berbasis narasi visual dapat meningkatkan minat anak remaja SMP untuk mempelajari sebuah materi terutama jika narasi visual tersebut membawakan unsur emosional. Perancangan ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, dan metode perancangan Human Centered Design untuk disesuaikan dengan target remaja di daerah Sulawesi. Maka penulis mengajukan perancangan komik narasi visual dengan konsep cerita beralur netral bertujuan untuk mengguncang pembaca. Perancangan ini menyediakan media sekunder yang berupa gantungan kunci, baju, sticker whatsapp, brosur, poster, instragam post, dan web banner. Perancangan komik digital bisa digunakan sebagai alternatif pembawaan kasus anoa sebagai hewan endemik yang terancam punah dengan bahasa narasi visual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Anoa, media informasi, komik, remaja
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:57
Last Modified: 29 Sep 2023 00:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25802

Actions (login required)

View Item View Item