Pengaruh Kampanye “Isi Piringku Kaya Akan Protein Hewani” terhadap Kesadaran Makan Sehat (Survei terhadap Pengikut Akun Instagram @KemenkesRI)

Julio, Alexander (2023) Pengaruh Kampanye “Isi Piringku Kaya Akan Protein Hewani” terhadap Kesadaran Makan Sehat (Survei terhadap Pengikut Akun Instagram @KemenkesRI). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Stunting merupakan suatu kondisi yang timbul akibat kekurangan gizi yang berkepanjangan dan memiliki konsekuensi jangka panjang yang merugikan bagi anak. Dampaknya tidak hanya terbatas pada aspek fisik, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental. Anak yang mengalami stunting akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan kognitifnya. Hal ini menjadi sangat penting, karena jika kemampuan kognitif atau daya pikir anak terganggu, maka prospek prestasi dan potensi anak tersebut di masa depan akan terhambat. Ini berarti kesempatan untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul juga akan terancam. Sebagai upaya untuk menurunkan prevalensi stunting, Kementerian Kesehatan mencanangkan kampanye sosial bertajuk "Isi Piringku dengan Protein Hewani". Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kampanye "Isi Piringku dengan Protein Hewani" dalam meningkatkan kesadaran makan sehat. Teori dan konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model dan konsep kampanye khususnya di media sosial. Penelitian dilakukan pada followers akun Instagram @kemenkesRI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatori, dengan menggunakan survei sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye dapat mempengaruhi kesadaran akan pola makan yang sehat. Dampak kampanye dalam meningkatkan kesadaran akan pola makan sehat ditemukan sebesar 73,7%. Oleh karena itu, kampanye Kementerian Kesehatan dinilai berhasil dan dapat direplikasi dalam kampanye kesehatan lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Stunting, Instagram, Kampanye Kesehatan, Sosial Media, Kesadaran Makan
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:59
Last Modified: 06 Jul 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25818

Actions (login required)

View Item View Item