Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan: Studi kasus di PT. XYZ

Tantono, Fransiskus (2023) Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan: Studi kasus di PT. XYZ. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Tingkat retensi pelanggan rata-rata di industri ritel adalah 63% menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2022 oleh Badan Reset dan Pengembangan Statista. Sebagai upaya untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan, beberapa solusi seperti meningkatkan pengalaman konsumen, meningkatkan kepuasan pelanggan, menggunakan program loyalitas keanggotaan pelanggan, dll., untuk mengubah konsumen menjadi pelanggan. Sistem Informasi Eksekutif dikembangkan sebagai solusi untuk membantu para eksekutif dalam pengambilan keputusan. Eksekutif dapat mengakses dan memutuskan lebih cepat untuk strategi perusahaan di masa depan, seperti menganalisis lalu lintas konsumen, melihat pendapatan penjualan, data keanggotaan, dll. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dalam memeriksa dan menilai kematangan perusahaan dalam transformasi digital. Kesenjangan kemudian ditentukan antara kondisi perusahaan saat ini dengan kondisi perusahaan yang diharapkan di masa yang akan datang. dan hasilnya dijadikan parameter untuk dipertimbangkan dalam mengembangkan sistem informasi eksekutif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan dengan proyek transformasi digital. Kombinasi pengalaman konsumen, program loyalitas keanggotaan pelanggan, dan alat analisis akan membentuk segmentasi pelanggan berdasarkan kebaruan, frekuensi, dan moneter untuk langkah strategis perusahaan di masa depan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Sistem Informasi Eksekutif, Retensi Pelanggan, Segmentasi Pelanggan, Proyek Transformasi Digital, Loyalitas Keanggotaan x Executive Information System Development to Improve Customer Retention: Case Study in PT. XYZ, Fransiskus Tantono, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:03
Last Modified: 06 Jul 2023 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25845

Actions (login required)

View Item View Item