Tinjauan Fenomenologi atas Peran Internal Control System dan Budaya Perusahaan dalam Implementasi Sistem ERP untuk Menghasilkan Laporan Keuangan yang Berkualitas

Irena Lawita, Florencia (2023) Tinjauan Fenomenologi atas Peran Internal Control System dan Budaya Perusahaan dalam Implementasi Sistem ERP untuk Menghasilkan Laporan Keuangan yang Berkualitas. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara interpretif-fenomenologi atas peran dari sistem pengendalian internal dan budaya perusahaan dengan adanya implementasi dari sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk menghasilkan laporan keuangan yang andal, relevan, dapat dibandingkan, dapat dipahami pada satu perusahaan sarang burung wallet di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif paradigma interpretif-fenomenologi. Pada penelitian ini, fenomena yang dilihat adalah implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada satu perusahaan sarang burung wallet di Tangerang dalam suatu budaya dan sistem pengendalian internal perusahaan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan perusahaan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu membuat rancangan instrumen penelitian untuk proses wawancara, kemudian membuat transkrip, lalu akan melakukan wawancara terhadap sembilan orang informan. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa di perusahaan sarang burung wallet tersebut terdapat sistem pengendalian internal yang sesuai dengan COSO; lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan aktivitas pemantauan serta adanya budaya perusahaan dengan nilai dan norma mengarah pada inovasi dengan orang-orang didalamnya berani mengambil risiko, bahwa implementasi sistem ERP-System Application and Processing (SAP) diaplikasikan sesuai dengan SOP yang telah dibuat oleh pemilik perusahaan, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Interpretif-Fenomenologi, Internal Control System, Budaya Perusahaan, Laporan Keuangan yang Berkualitas
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:03
Last Modified: 06 Jul 2023 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25846

Actions (login required)

View Item View Item