Analisis Isi Pemberitaan Online tentang Strategi Komunikasi Krisis HolyWings dalam Kasus Promosi Minuman Beralkohol Mengandung Unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan

Najmi, Hafidzhan (2023) Analisis Isi Pemberitaan Online tentang Strategi Komunikasi Krisis HolyWings dalam Kasus Promosi Minuman Beralkohol Mengandung Unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi krisis merupakan peran penting untuk menghadapi situasi yang mempertaruhkan citra dan reputasi perusahaan. HolyWings membuat promosi minuman beralkohol gratis untuk konsumennya yang bernama Muhammad dan Maria pada pertengahan tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis isi pemberitaan online tentang strategi komunikasi krisis HolyWings dalam mengatasi kasus kesalahan promosi berunsur SARA. Konsep yang digunakan untuk penelitian ini adalah image repair theory oleh William L Benoit. Jenis penelitian ini berupa kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode qualitative content analysis. Data yang dikumpulkan berupa berita dari ketiga portal berita yaitu Kompas.com, Detik.com, dan Cnnindonesia.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HolyWings mendominasi menggunakan strategi image repair theory untuk mengatasi kasus ini dengan strategi yaitu, good intention, mortification, dan transcendence, serta ada satu strategi respon dari reactive strategies oleh Ronald D. Smith yaitu relabeling. HolyWings menggunakan empat strategi respon ini dengan adanya permintaan maaf kepada masyarakat dengan memiliki niat baik untuk bertanggung jawab atas kasus ini, bertemu dengan ketua Majelis Ulama Indonesia untuk minta maaf mengenai kasus promosi ini agar mendapaatkaan simpati dan kesalahan yang dilakukan oleh HolyWings dimaafkan oleh umat muslim, serta mengangkat isu 3.000 karyawan untuk menunjukkan niat baik HolyWings mengenai karyawan yang tidak bersalah, dan mengganti nama gerai dengan nama lain selain HolyWings untuk mengurangi jejak terhadap masalah promosi yang mengandung unusur SARA ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Krisis, HolyWings, Image Repair Theory, Reactive Strategies, Qualitative Content Analysis
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:45
Last Modified: 07 Jul 2023 10:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25847

Actions (login required)

View Item View Item