Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Cahaya Bhakti Makmur)

Cristensen, William (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Cahaya Bhakti Makmur). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Sistem informasi penjualan dapat mempercepat pengolahan data penjualan, memudahkan pembuatan laporan, dan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan strategi penjualan. Kenaikan harga dan suplai properti yang signifikan di Kabupaten Tangerang dapat menjadi alasan perusahaan perdagangan material untuk melibatkan sistem informasi penjualan guna meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Penggunaan sistem informasi penjualan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengguna, kehilangan data penting dan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi tren penjualan agar dapat menentukan strategi penjualan. Studi kasus dilakukan pada PT. Cahaya Bhakti Makmur, yang menghadapi kesulitan dalam pencatatan dan kehilangan data penjualan yang berpotensi menyebabkan kerugian pada perusahaan, selain itu perusahaan juga kesulitan dalam pembuatan laporan penjualan yang akurat. Oleh karena itu, diperlukan perancangan sistem informasi penjualan untuk mencatat data penjualan dengan rinci, memudahkan pembuatan laporan, dan menganalisis tren penjualan untuk dapat mempermudah dalam menentukan strategi penjualan yang lebih baik. Sistem informasi dirancang dengan menggunakan metode waterfall. XAMPP sebagai web server dan Visual Studio Code sebagai code editor, bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, Laravel sebagai framework, dan MySQL sebagai database. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sistem informasi penjualan yang akan membantu PT. Cahaya Bhakti Makmur dalam mengelola penjualan sehingga dapat meminimalisir kesalahan pengguna. Ketersediaan tren penjualan dan laporan penjualan yang akurat dapat dijadikan acuan analisis untuk menentukan strategi penjualan atau keputusan manajemen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sistem informasi, Sistem penjualan, Waterfall
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:48
Last Modified: 14 Jul 2023 05:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25865

Actions (login required)

View Item View Item