Franzeli, Jonathan (2023) Pengembangan Modul Pelatihan Praktik Kerja Logistik Berbasis Virtual Reality dengan Algoritma Fisher-Yates Shuffle (Studi Kasus: PT XYZ). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (76kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
Abstract
PT XYZ merupakan sebuah perusahaan farmasi di Indonesia yang menyediakan pelayanan kesehatan di dalam dan luar negeri. PT XYZ sebelumnya pernah membuka sebuah program magang untuk merancang dan membangun modul pelatihan praktik kerja logistik berbasis virtual reality (VR). Modul pelatihan logistik yang telah dibuat diuji coba oleh karyawan logistik PT XYZ pada 28 Desember 2022 untuk memperoleh kritik dan saran. Permasalahan mengenai motion sickness dan fitur penilaian menjadi dasar untuk pengembangan modul pelatihan logistik. Pengembangan dilakukan pada aplikasi modul pelatihan yang sebelumnya telah dibuat di game engine Unity dan memanfaatkan algoritma Fisher Yates Shuffle dalam pembuatan salah satu fitur penilaian pelatihan. Pengembangan yang dilakukan adalah perombakan alur pelatihan, penambahan fitur penilaian praktik dan kuis, serta pengembangan environment gudang. Modul pelatihan logistik berhasil dikembangkan dan kembali diuji coba pada 8 Juni 2023. Berdasarkan evaluasi dari uji coba tersebut, didapatkan bahwa usaha pencegahan motion sickness masih memberikan efek yang beragam pada peserta uji coba. Didapatkan juga bahwa fitur penilaian dinilai bermanfaat untuk peserta namun masih sulit untuk diakses. Berdasarkan penilaian dari technology acceptance model (TAM) yang diikuti oleh enam peserta, didapatkan tingkat penerimaan sebesar 67,5% untuk aspek perceived ease of use dan 78,33% untuk aspek perceived usefulness.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | FisherYates Shuffle, logistik, technology acceptance model, Unity, virtual reality |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:48 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25871 |
Actions (login required)
View Item |