Pengembangan Modul Pelatihan Praktik Kerja Logistik Berbasis Virtual Reality dengan Algoritma Fisher-Yates Shuffle (Studi Kasus: PT XYZ)

Franzeli, Jonathan (2023) Pengembangan Modul Pelatihan Praktik Kerja Logistik Berbasis Virtual Reality dengan Algoritma Fisher-Yates Shuffle (Studi Kasus: PT XYZ). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

PT XYZ merupakan sebuah perusahaan farmasi di Indonesia yang menyediakan pelayanan kesehatan di dalam dan luar negeri. PT XYZ sebelumnya pernah membuka sebuah program magang untuk merancang dan membangun modul pelatihan praktik kerja logistik berbasis virtual reality (VR). Modul pelatihan logistik yang telah dibuat diuji coba oleh karyawan logistik PT XYZ pada 28 Desember 2022 untuk memperoleh kritik dan saran. Permasalahan mengenai motion sickness dan fitur penilaian menjadi dasar untuk pengembangan modul pelatihan logistik. Pengembangan dilakukan pada aplikasi modul pelatihan yang sebelumnya telah dibuat di game engine Unity dan memanfaatkan algoritma Fisher­ Yates Shuffle dalam pembuatan salah satu fitur penilaian pelatihan. Pengembangan yang dilakukan adalah perombakan alur pelatihan, penambahan fitur penilaian praktik dan kuis, serta pengembangan environment gudang. Modul pelatihan logistik berhasil dikembangkan dan kembali diuji coba pada 8 Juni 2023. Berdasarkan evaluasi dari uji coba tersebut, didapatkan bahwa usaha pencegahan motion sickness masih memberikan efek yang beragam pada peserta uji coba. Didapatkan juga bahwa fitur penilaian dinilai bermanfaat untuk peserta namun masih sulit untuk diakses. Berdasarkan penilaian dari technology acceptance model (TAM) yang diikuti oleh enam peserta, didapatkan tingkat penerimaan sebesar 67,5% untuk aspek perceived ease of use dan 78,33% untuk aspek perceived usefulness.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fisher­Yates Shuffle, logistik, technology acceptance model, Unity, virtual reality
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:48
Last Modified: 23 Aug 2023 04:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25871

Actions (login required)

View Item View Item