Perancangan Cattleya Stress Shelter dengan Konsep Architecture of Mindfulness di Jakarta

Hendru, Manuel (2023) Perancangan Cattleya Stress Shelter dengan Konsep Architecture of Mindfulness di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB)

Abstract

Masalah kesehatan mental merupakan isu yang terus berkembang di Indonesia. Sehubungan hal tersebut, kasus stres di Jakarta semakin meningkat setiap tahunnya. Adapun peran arsitektur dalam mendukung upaya pencegahan kenaikan tingkat stres di Jakarta, yakni menciptakan ruang ketiga sebagai tempat masyarakat melepas stres. Penulis melakukan penelitian dengan metode korelasi terlebih dahulu sebelum merancang demi memahami urgensi masalah stres yang terus berkembang di Jakarta dan kaitannya dengan peran arsitektur sebagai solusinya. Hasil penelitian tersebut menjadi landasan dasar dalam memahami isu-isu pada global secara mendalam dan menjadi dasar dalam menyusun pendekatan serta strategi desain perancangan. Perancangan berfokus pada menciptakan stress shelter sebagai naungan masyarakat dalam melepas stres di tengah padatnya Kota Jakarta. Perancangan menerapkan konsep architecture of mindfulness sebagai konsep utama dan didukung dengan pembagian program ruang berdasarkan theory of five elements yang membagi ruang berdasarkan tujuan dan pendekatan masing- masing. Hasil perancangan memberikan solusi terhadap permasalahan terkait tingginya tingkat stres masyarakat Jakarta yang terus berkembang. Dengan adanya perancangan Cattleya Stress Shelter, masyarakat Jakarta dapat lebih mudah menemukan ruang yang tepat dalam melepas stres.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Stress Shelter, Ruang Ketiga, Architecture of Mindfulness, Theory of Five Elements. 7 Perancangan Cattleya Stress Shelter dengan Konsep Architecture of Mindfulness di Jakarta, Manuel Hendru, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:51
Last Modified: 07 Jul 2023 10:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item View Item