Perancangan Kampanye Mengenai Rating Usia pada Mobile Game Android untuk Anak

Vidian Hartono, Joseph (2023) Perancangan Kampanye Mengenai Rating Usia pada Mobile Game Android untuk Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Game merupakan salah satu teknologi hiburan yang cukup digemari di masyarakat. Dengan adanya kemajuan teknologi, game dapat diakses hanya dengan sentuhan jari dengan cara mengunduh melalui Gadget seperti smartphone dan tablet. Gadget berbasis Android lebih memudahkan untuk penggunanya mengunduh berbagai permainan dan lebih banyak opsi yang dapat dipilih saat melakukan mobile gaming. Dalam sebuah game dapat mengandung unsur-unsur yang positif dan edukatif untuk anak namun tidak jarang ditemukan game yang memiliki dampak negatif kepada anak jika tidak diawasi. Efek negatif tersebut diantaranya dapat menimbulkan kecanduan game, penurunan pada kualitas belajar, dan dampak pada kesehatan secara fisik dan mental. Oleh karena itu diperlukan peran orang tua untuk mengawasi anak ketika bermain mobile game (Gray, 2011). Dengan adanya pengawasan dari orang tua, anak-anak dapat memainkan game yang sesuai dengan usianya agar tetap aman dan sesuai dengan kepribadiannya (Kominfo, 2018). Menurut Rogers dan Storey, kampanye merupakan berbagai kegiatan untuk mengkomunikasikan suatu hal yang terorganisasi dengan tujuan mengubah sudut pandang atau perilaku target tujuan komunikasi secara berkelanjutan dalam suatu periode. Maka, untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis merancang sebuah kampanye untuk mengenalkan pentingnya mengawasi anak ketika bermain mobile game.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mobile Game, Rating Usia, Pengawasan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:46
Last Modified: 18 Oct 2023 00:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25925

Actions (login required)

View Item View Item