Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkatan Depresi Menggunakan Algoritma Forward Chaining

Dharmawan, Stefan (2023) Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkatan Depresi Menggunakan Algoritma Forward Chaining. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Depresi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi di masyarakat, didukung dengan laporan World Health Organization yang menyatakan bahwa sekitar 280 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi. Namun, kurangnya sumber daya manusia dan tenaga profesional dalam bidang kesehatan jiwa menimbulkan kendala dalam mendiagnosis penyakit mental. Penelitian terdahulu menggunakan algoritma certainty factor untuk mendiagnosis gangguan mental yang dialami oleh klien, dan algoritma fuzzy logic untuk mendiagnosis depresi. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem pakar yang didasari kuesioner Beck Depression Inventory-ii (BDI-ii) yang dirilis oleh Dr. Aaron T. Beck. Aturan yang digunakan pada kuesioner BDI-ii telah distruktur dengan baik untuk mendeteksi tingkatan depresi, sehingga digunakan algoritma forward chaining untuk melakukan pengambilan kesimpulan akhir dari hasil pengerjaan kuesioner. Sistem berbasis website dan dibangun menggunakan framework laravel yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain itu, menggunakan sistem manajemen basis data MySQL. Untuk menguji akurasi sistem dilakukan perbandingan antara data yang disediakan oleh pakar dengan hasil output sistem, dan survei kepuasan pengguna dengan metode End User Computing Satisfaction. Dapat disimpulkan bahwa sistem berhasil dibangun, didasari hasil perhitungan uji akurasi sistem yang mencapai akurasi 100% dan tingkat kepuasan pengguna yang mencapai 89.69% yang mengindikasikan bahwa pengguna puas dengan sistem yang telah dibangun.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Beck Depreesion Inventory-ii (BDI-ii), Forward Chaining, Sistem pakar, Pendeteksi tingkatan depresi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:48
Last Modified: 22 Aug 2023 06:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25943

Actions (login required)

View Item View Item