Perancangan Media Kampanye Mengenai Gaya Hidup Vegan untuk Kalangan Dewasa dengan Usia 27-42 Tahun

Chealsey, Chealsey (2023) Perancangan Media Kampanye Mengenai Gaya Hidup Vegan untuk Kalangan Dewasa dengan Usia 27-42 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Vegan merupakan salah satu gaya hidup dimana seseorang tidak mengkonsumsi makanan hewani dan menghindari terjadinya eksploitasi hewan. Berdasarkan studi dan penelitian, makanan hewani memiliki risiko tinggi untuk terserang penyakit kronis, seperti kanker dengan risiko 4 kali lebih tinggi. Selain itu, makanan hewani yang berasal dari hewan yang diternak menyebabkan 18% gas emisi. Kemudian, hewan ternak yang stress bisa memicu pertumbuhan bakteri yang bisa berdampak pada kesehatan apabila di konsumsi. Hal tersebut dapat dicegah dengan satu solusi, yaitu dengan menjadi vegan. Namun, di Indonesia, orang yang vegetarian mencakup vegan hanya mendekati 1%. Selain itu, kampanye mengenai gaya hidup vegan masih belum cukup untuk mengajak masyarakat menjadi vegan. Oleh karena itu, tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang sebuah kampanye mengenai gaya hidup vegan. Proses perancangan ini berdasarkan buku Advertising by Design: Generating and Designing Creative Ideas Across Media milik Robin Landa dan metode kampanye berdasarkan AISAS. Perolehan data dalam perancangan, penulis lakukan melalui wawancara dengan beberapa ahli narasumber, studi eksisting, dan penyebaran kuesioner kepada 104 responden. Hasil dari perancangan diharapkan dapat menjadi dorongan bagi penduduk DKI Jakarta dengan usia 27-42 tahun untuk menjadi vegan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: vegan, kampanye, gaya hidup
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:49
Last Modified: 30 Aug 2023 00:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25948

Actions (login required)

View Item View Item