Perancangan E-Book Belajar Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa UMN

Candela, Candela (2023) Perancangan E-Book Belajar Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa UMN. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia memiliki bahasa yang digunakan secara nasional yaitu bahasa Indonesia. Dalam perkembangan global, generasi muda banyak yang sadar dan terbuka untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Namun sayangnya makin banyak kesadaran akan kemampuan bahasa asing tidak sejalan dengan kemampuan bahasa Indonesia dalam generasi muda Indonesia. 70% dari 50 anak muda mendapat nilai pelajaran bahasa Indonesia yang rendah dibandingkan bahasa asing. Masalah tersebut terjadi karena responden mengakui merasa mampu berbahasa Indonesia sehingga mereka tidak perlu lagi mempelajari pelajaran bahasa Indonesia.Menurut hasil wawancara dengan dua narasumber ahli, adanya indikasi mahasiswa merasa malas atau enggan belajar bahasa Indonesia. Penyebaran kuesioner baru menunjukkan angka terbukti benarnya ada 70% mahasiswa yang merasa malas atau enggan belajar bahasa Indonesia. Tiga alasan utama yang dipilih adalah malas untuk membuka KBBI dan PUEBI, bahasa Indonesia dinilai banyak dan rumit, dan bosan karena media belajar yang monoton. Sehingga melihat dari fakta tersebut solusi perancangan media pembelajaran diajukan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dana kuantitatif. Teknik wawancara narasumber ahli dan penyebaran kuesioner dilakukan untuk mendapatkan data.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Mahasiswa
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:51
Last Modified: 30 Aug 2023 01:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item View Item