Perancangan Buku Cerita Interaktif sebagai Media Informasi Pendidikan Anti Korupsi untuk Anak Kelas 4-6 SD

Joshua, Joshua (2023) Perancangan Buku Cerita Interaktif sebagai Media Informasi Pendidikan Anti Korupsi untuk Anak Kelas 4-6 SD. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Korupsi merupakan sebuah tindakan kriminal yang telah mendarah daging di Indonesia. Korupsi sendiri memiliki makna curang serta menipu. Pada tahun 2015, Indeks Persepsi Korupsi (CPI) mencatat Indonesia memiliki nilai 36 dari 100 (100 dengan nilai indeks persepsi korupsi yang baik dan 0 dengan nilai yang rendah) dan menempati posisi negara ke-88 dari 168 negara dengan tingkat korupsi terendah. Angka tersebut meningkat dari tahun 2014 dengan 2 poin dan 19 peringkat. Fenomena tersebut terjadi akibat adanya toleransi dari tindakan atau perilaku korupsi. Korupsi sendiri terjadi akibat adanya motivasi, kesempatan, serta perilaku dari sang pelaku tindak korupsi. Tidak hanya ketiga faktor tersebut, bahkan tindak pidana korupsi terjadi akibat kesalahan atau kekeliruan dalam menafsirkan peraturan. Sebab itu penting sekali bagi pemerintah untuk mendidik anak-anak bangsa mengenai pendidikan anti korupsi. Perancangan karya ilmiah dilakukan menggunanakan metode Human Centred Design boleh IDEO. Perancangan karya utama adalah buku cerita interaktif berbasis digital. Buku cerita interaktif digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan anti korupsi melalui pengambilan keputusan pembaca di dalam cerita. Media sekunder digunakan untuk mempromosikan media utama, dimulai dari gelas, sticker, poster, hingga Instagram Story.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pendidikan, anti korupsi, buku cerita, interaktif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:51
Last Modified: 26 Sep 2023 01:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25964

Actions (login required)

View Item View Item