Christy, Andia (2023) Interpretasi Jurnalis terhadap Peran Search Engine Optimization (SEO). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (250kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada masa lalu, dalam mengangkat suatu isu, media berkaitan erat dengan apa yang terjadi di lapangan. Namun, kini praktik jurnalistik mengalami perubahan menjadi orientasi pasar dan strategi pemasaran umum yang disebabkan oleh terjadinya era digital, seperti menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Salah satu media yang mempraktikkan SEO ini ialah Detik.com. Peneliti menggunakan konsep utama Social Construction of Technology (SCOT) milik Trevor Pinch dan Wiebe Bijker. Metode penelitian studi kasus dengan menjadikan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya. Peneliti berhasil mewawancarai lima narasumber dari Detik.com, yaitu wakil pemimpin redaksi, wakil redaktur, redaktur pelaksana, dan reporter atau penulis dari dua divisi yang berbeda. Peneliti menemukan empat kelompok sosial relevan dengan dua jenis fleksibilitas interpretatif mengenai interpretasi jurnalis terhadap peran SEO di Detik.com.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Detik.com, jurnalis, Search Engine Optimization (SEO) |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 10:52 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25969 |
Actions (login required)
View Item |