Pengaruh Konten Berita Berformat Komik pada Akun Instagram Jurnalis Komik terhadap Tingkat Pemahaman Pembaca Generasi Z

Ivan Pangemanan, Fransiscus (2023) Pengaruh Konten Berita Berformat Komik pada Akun Instagram Jurnalis Komik terhadap Tingkat Pemahaman Pembaca Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Adanya perkembangan era digital juga turut diikuti dengan perkembangan media konvensional menjadi media digital. Hal tersebut pun juga diikuti dengan kemunculan jurnalisme multimedia yang salah satunya yakni jurnalisme dalam format komik. Jurnalisme komik mengalami perkembangan dari yang sebelumnya hanya di media konvensional, saat ini mulai dikemas dalam bentuk digital. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh konten berita berformat komik pada akun Instagram Jurnalis Komik terhadap tingkat pemahaman pembaca generasi z. Topik ini dipilih karena belum adanya penelitian terkait dengan tingkat pemahaman pembaca generasi z terhadap konten berita berformat komik, sejauh ini penelitian hanya membahas mengenai kemunculan jurnalisme komik itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penulis akan menguji tingkat pemahaman audiens terhadap konten berita komik pada Instagram Jurnalis Komik dan dibandingkan dengan konten berita non-komik dari Kompas.com. Penelitian ini menargetkan total 80 generasi Z dengan usia 10-24 tahun yang berdomisili di Banten dan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari konten berita berformat komik terhadap tingkat pemahaman responden. Namun, terdapat beberapa pemaparan argumen serta strategi berhubungan dengan tingkat pemahaman tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Jurnalisme komik, media digital, pengaruh, tingkat pemahaman, generasi z 7 Pengaruh Konten Berita Berformat Komik Pada Akun Instagram Jurnalis Komik Terhadap Tingkat Pemahaman Pembaca Generasi Z, Fransiscus Ivan Pangemanan, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:52
Last Modified: 10 Jul 2023 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25975

Actions (login required)

View Item View Item