Angelyn, Angelyn (2023) Pengaruh Media Influence dan Group Influence terhadap Subjective Norms dan Implikasinya terhadap Consumer Attitude: Studi Kasus Taeyang Sung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (283kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (205kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sektor Industri F&B di Indonesia yang sempat menurun karena Covid-19 kini telah bangkit kembali dengan didukung oleh perkembangan teknologi serta trend di social media. Taeyang Sung yang merupakan restoran yang menawarkan makanan khas Korea dengan bumbu dan bahan yang authentic, kurang mendapatkan perhatian konsumen di awal pembukaannya, namun pada akhir 2022 dimana trend food review sedang hype di Tiktok, nama Taeyang Sung mulai dikenal oleh banyak orang. Paparan konten Taeyang Sung yang tinggi rupanya masih kurang dalam meningkatkan popularitas Taeyang Sung dibandingkan pesaingnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh media serta teman bermain terhadap sikap konsumen dengan dimediasi oleh subjective norms. Subjek pada penelitian ini adalah konsumen generasi milenial dan Z, yang dipilih karena mempertimbangkan tech-savviness, media touchpoint, dan open minded. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan total 150 sampel yang ditarik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk Google Form. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan SmartPLS 4 dengan teknik analisis data SEM-PLS yang menguji outer dan inner model. Hasil uji data menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan antara media dan group terhadap subjective norms. Subjective norms juga ikut menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap attitude konsumen. Selain itu, dari pengujian hubungan tidak langsung ditemukan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Keputusan diambil dengan memperhatikan p-value, t-value dan nilai beta. Dari hasil yang didapat, saran praktis kepada manajemen restoran Taeyang Sung agar diharapkan dapat menjaga service sehingga tetap konsisten, sebab industri service sangat memperhatikan experience konsumen. Selain itu, saran akademis untuk penelitian kedepannya adalah untuk menyesuaikan penggunaan variabel serta platform dengan kondisi riil di masa depan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media Influence, Group Influence, Subjective Norms, Attitude, Gen Y, Gen Z, Taeyang Sung |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 10:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25984 |
Actions (login required)
View Item |