Perbedaan Efek Afektif Kemasan Berita Talk Show dan Feature Audio terhadap Generasi Z

Marcella, Marcella (2023) Perbedaan Efek Afektif Kemasan Berita Talk Show dan Feature Audio terhadap Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Podcast merupakan salah satu medium pemberitaan berbasis audio yang saat ini sering diakses oleh audiens generasi Z. Dua contoh bentuk kemasan berita berbasis audio adalah talk show dan feature. Menurut teori transportation, suatu media pemberitaan bisa memengaruhi audiens untuk ikut masuk atau berpindah ke dalam cerita yang disajikannya dan memengaruhi afektif audiens tersebut. Melalui penelitian sebelumnya, kemasan berita berbasis audio dinilai lebih mampu memengaruhi audiens dari segi afektif. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti lebih jauh mengenai perbedaan tingkat pengaruh afektif yang dihasilkan oleh kemasan berita audio terhadap generasi Z, antara talk show dan feature. Penelitian berjenis kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini diikuti oleh 60 partisipan berusia 11 sampai 30 tahun yang terbagi ke dalam 2 kelompok treatment. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kedua kemasan berita ini mampu mengubah sisi afektif pendengar ke arah yang lebih positif. Perbedaan yang ditimbulkan oleh kemasan berita feature lebih besar daripada talk show, tetapi tidak signifikan. Oleh sebab itu, perubahan efek afektif yang ditimbulkan oleh kedua kemasan berita ini sama. Namun, jika melihat pada perubahan per dimensi, kemasan berita feature secara signifikan lebih mampu memengaruhi perubahan pandangan atau nilai (values) audiens bila dibandingkan dengan talk show.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Efek afektif, efek media, feature, jurnalisme audio, talk show 9 Perbedaan Efek Afektif Kemasan Berita Talk Show dan Feature Audio terhadap Generasi Z, Marcella, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:54
Last Modified: 10 Jul 2023 10:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item