Motif dan kepuasan penggunaan messaging application sebagai media berita (ssurvei dan focus group discussion terhadap siswa sman 2 tangerang)

Aldo, Aldo (2017) Motif dan kepuasan penggunaan messaging application sebagai media berita (ssurvei dan focus group discussion terhadap siswa sman 2 tangerang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (766kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Internet telah mengubah banyak hal, salah satunya media berita. Setelah muncul media online, perkembangan media berita saat ini merambah messaging application, yaitu Line dengan fiturnya Line Today. Penelitian ini berusaha mencari tahu lebih banyak tentang motif dan kepuasan pengaksesan Line Today. Berbekal metode Focus Group Discussion dan Survey, penelitian eksploratif ini berusaha mencari instrumen baru penelitian secara secara kualitatif, dan menghitung kepuasan berdasarkan data kuantitatif. Penelitian menggunakan konsep Gratification Sought dan Gratification Obtained di mana kepuasan dihitung berdasarkan kesenjangan nilai GS dan GO. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMAN 2 Tangerang. Walau responden tidak mencakup keseluruhan generasi Y, tetapi karakteristik responden sesuai dengan keseluruhan generasi Y, sehingga dapat dijadikan sasaran penelitian awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif yang ditemukan adalah motif informasi, motif identitas pribadi, motif interaksi dan integritas sosial, motif hiburan, dan motif kepraktisan. Penelitian menunjukkan bahwa pengguna Line Today puas dengan media tersebut karena nilai GO lebih besar dibandingkan nilai GS.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
800 Literature
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:49
Last Modified: 06 Apr 2023 07:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item