Perancangan Panduan Transportasi Umum di Jakarta untuk Warga Lanjut Usia

Claudia, Shiphra (2023) Perancangan Panduan Transportasi Umum di Jakarta untuk Warga Lanjut Usia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Moda transportasi integrasi merupakan hasil upaya pembaruan pemerintah dalam sistem transportasi umum di DKI Jakarta. Melalui upaya pembaruan ini, dilakukan penerapan sistem transportasi yang berbasis digital yang menggunakan uang elektronik untuk melakukan transaksi pembayarannya. Selain itu, akses informasi moda transportasi terintegrasi sudah mengalami digitalisasi dan berorientasi pada penggunaan aplikasi dan media sosial untuk mempercepat dan mempermudah penyebaran informasi ke khalayak umum. Akan tetapi, proses digitalisasi informasi ini cukup menyulitkan bagi masyarakat lansia dalam mengakses informasi karena mereka mengalami kesulitan dalam beradaptasi untuk mengakses sistem informasi yang sudah didigitalisasi tersebut. Selain itu, kegagapan terhadap akses informasi yang mampu menjawab permasalahan lansia dalam menggunakan moda transportasi integrasi tersebut membuat lansia menjadi enggan untuk menggunakan moda transportasi umum. Oleh sebab itu, penelitian ini merekomendasikan solusi desain berupa pemberian media informasi yang berdasarkan pada teori perancangan oleh Robin Landa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan focus group discussion. Penulis berharap hasil perancangan media informasi berupa buku panduan ini dapat memberikan pemahaman informasi mengenai penggunaan moda integrasi di Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Desain, Panduan Informasi, Transportasi Umum, Lanjut Usia
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 388 Transportation (Road, Vehicle, Parking Facilities)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:55
Last Modified: 01 Sep 2023 01:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26000

Actions (login required)

View Item View Item