Perancangan Identitas Visual Museum Keris Nusantara

Nathania Setiani, Jocelyn (2023) Perancangan Identitas Visual Museum Keris Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Museum Keris Nusantara diresmikan pada tahun 2017 di Solo sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan pengakuan keris Indonesia oleh UNESCO sebagai warisan karya agung budaya dunia dalam kategori non- bendawi. Selain itu, Museum Keris Nusantara didirikan dengan tujuan sebagai pusat pelestarian dan pengembangan informasi mengenai keris kepada generasi muda. Namun setelah lebih dari lima tahun berdiri, Museum Keris Nusantara belum memiliki identitas visual dan selama ini menggunakan logo dari UPT Museum Solo yang tidak korelatif dengan karakteristik museum. Hal ini mempengaruhi awareness dan recognition masyarakat terhadap museum serta tidak tersampaikannya keunikan yang dimiliki Museum Keris Nusantara yaitu koleksinya yang berasal dari seluruh daerah di Nusantara. Tidak adanya identitas visual juga dapat mempengaruhi pandangan masyarakat akan kredibilitas dan kualitas yang dimiliki museum. Oleh karena itu, identitas visual sangatlah penting kehadirannya untuk Museum Keris Nusantara. Perancangan ini mengacu pada metode dari Alina Wheeler dalam bukunya yang berjudul Designing Brand Identity dengan metode penelitian berupa wawancara, observasi, studi eksisting, studi referensi, dan penyebaran kuesioner. Hasil luaran perancangan ini berupa sistem identitas beserta panduannya dan juga media kolateral dalam bentuk Graphic Standard Manual (GSM).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Branding, Graphic Standard Manual (GSM), Identitas Visual, Keris, Museum Keris Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 708 Galleries, museums, private collections of fine and decorative arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:57
Last Modified: 05 Oct 2023 01:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26014

Actions (login required)

View Item View Item