implementasi jurnalisme partisipasi pada kompas.com

Nugraha, Calista Laurinne (2017) implementasi jurnalisme partisipasi pada kompas.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (892kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Digitalisasi media telah mengubah praktik jurnalistik di media massa. Dengan adanya media baru, jurnalis kini dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk turut berkontribusi dalam proses pembuatan berita. Jika dalam versi konvensional, alur berita hanya bisa terjadi satu arah (one-to-many), kini alur berita dapat terjadi dua arah, siapapun bisa memproduksi berita karena media baru menawarkan kemudahan dari sisi kecepatan dan ruang yang tak terbatas. Dibukanya partisipasi publik ini tidak hanya untuk melihat apakah proses demokrasi itu menjadi lebih baik, namun juga sebagai salah satu langkah bagi perusahaan media untuk tetap engage dengan pembaca. Ketika media massa telah melibatkan publiknya, maka media tersebut dapat tetap resisten di era badai informasi ini. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Kompas.com melibatkan pembacanya dalam proses jurnalistik melalui tahaptahap yang telah diperkenalkan oleh David Domingo dkk. (2008) pada awal penelitiannya, yakni tahap Access, Selection/ Filtering, Processing/ Editing, Distribution, dan Interpretation. Masing-masing memiliki fitur yang dapat menjadi ukuran apakah tahap tersebut telah dilakukan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif menggunakan teknik studi kasus. Narasumber yang diwawancarai oleh peneliti adalah jurnalis-jurnalis senior di Kompas.com, yang didapat melalui teknik snowballing, yakni Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Redaktur Pelaksana Kompas.com Amir Sodikin, Chief Managing Editor Kompas.com Tri Wahono, didukung dengan Manajer Kompasiana Iskandar Zulkarnaen sebagai elemen penting partisipasi publik. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Kompas.com menerapkan empat tahap partisipasi yakni Access, Processing/ Editing, Distribution, dan Interpretation. Sedangkan tahap Selection/ Filtering tidak diterapkan karena Kompas.com tetap ingin menjaga kredibilitasnya sebagai gatekeeper informasi bagi masyarakat

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:09
Last Modified: 19 Jun 2023 01:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item