Design and Build a Website-Based Goods Storage System Using the Scrum Method (Case Study: Toko Surya Jaya Teknik)

Jason Herman, Gerardo (2023) Design and Build a Website-Based Goods Storage System Using the Scrum Method (Case Study: Toko Surya Jaya Teknik). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha. Masalah yang sering dialami oleh UMKM adalah proses pencatatan data transaksi penjualan yang masih manual dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga sering terjadi kesalahan yang menyebabkan data tidak akurat. Salah satunya yaitu Toko Surya Jaya Teknik yang masih menggunakan cara tradisional seperti penggunaan pulpen dan kertas dalam mencatat barang yang tersedia. Cara manual ini tentu tidak fleksibel dan rentan hilang dan rusak. Pada penelitian ini akan merancang Sistem Penyimpanan Barang berbasis website dengan pendekatan metode scrum. Dengan harapan sistem ini dapat membantu pihak Toko Surya Jaya Teknik dalam menjalankan operasionalnya setiap hari. Metode yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah scrum framework, karena metode ini dapat memungkinkan proses pengerjaan menjadi lebih cepat dan akan meminimalkan waktu pengerjaan. Dalam kerangka kerja scrum framework, terdiri atas product backlog, sprint planning meeting, daily stand up meeting, sprint review, dan sprint retrospective. Product Backlog menentukan sebanyak rincian total 13 task dan 25 hari. Sprint planning meeting dikerjakan selama 5 sprints dan setiap sprint diselesaikan sesuai dengan jumlah hari yang diperkirakan. Sistem penyimpanan barang berbasis website telah berhasil dirancang dan dibangun. Sistem penyimpanan barang ini berfungsi untuk mengelola transaksi barang masuk dan transaksi barang keluar, serta menghasilkan laporan persediaan barang. Setelah selesai pengerjaan sistem kemudian dilakukan pengujian dengan metode black box testing berbasis Equivalance Partitions untuk memastikan semua fitur berjalan dengan baik. Berdasarkan dari pengujian sistem ini, hasil penelitian menunjukan bahwa rancang bangun sistem berbasis web ini dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi Toko Surya Jaya Teknik, sehingga pencatatan barang dan transaksi penjualan menjadi terstruktur.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sistem Penyimpanan Barang, Scrum, Toko, Website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:48
Last Modified: 09 Aug 2023 00:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26054

Actions (login required)

View Item View Item