Pengaruh Sensory marketing terhadap Customer satisfaction dan Revisit intention pada Via renata hotel

David Febrian, Ignatius (2023) Pengaruh Sensory marketing terhadap Customer satisfaction dan Revisit intention pada Via renata hotel. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak Sensory Marketing terhadap tingkat kepuasan pelanggan dan frekuensi kunjungan kembali dalam sektor perhotelan, dengan fokus pada studi kasus yang dilakukan di Via Renata Hotel. Sensory Marketing mengacu pada pemanfaatan rangsangan sensorik, seperti visual, suara, aroma, rasa, dan sentuhan, untuk menciptakan pengalaman yang memengaruhi emosi dan persepsi pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada tamu yang telah menginap di Via Renata Hotel. Sampel penelitian terdiri dari 215 responden yang dipilih secara selektif dari basis data yang dimiliki Via Renata Hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Sensory Marketing smell, sound dan touch terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam sektor perhotelan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan stimuli sensorik yang tepat, seperti, aroma yang menyenangkan, pelayanan yang baik dan suara yang sesuai dengan konsep keasrian alam yang diusung oleh Via Renata Hotel, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi kunjungan kembali. Pelanggan yang merasa puas dengan pengalaman mereka di Via Renata Hotel cenderung lebih mungkin untuk mengunjungi hotel tersebut kembali di masa mendatang. Temuan penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen Via Renata Hotel. Dengan menerapkan Sensory Marketing secara konsisten dan efektif, manajemen dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan mendorong tingkat kunjungan kembali. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada Via Renata Hotel dan sektor perhotelan secara keseluruhan untuk mengintegrasikan elemen-elemen Sensory Marketing dalam perencanaan strategis mereka, dengan tujuan menciptakan pengalaman yang unik dan memuaskan bagi para pelanggan mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pemasaran Sensorik, Pengalaman Sebelumnya, Kupasan Pelanggan, Niat Kunjungan Kembali. Pengaruh Sensory Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Revisit Intention Pada Via Renata Hotel, Ignatius David Febrian, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:52
Last Modified: 11 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item