Fungsi Pers di Tengah Kepentingan Ekonomi Media dalam Praktik Metrics-driven Journalism: Studi Kasus di detikcom

Nefi Pratiwi, Alfitria (2023) Fungsi Pers di Tengah Kepentingan Ekonomi Media dalam Praktik Metrics-driven Journalism: Studi Kasus di detikcom. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hingga kini media daring masih bergantung dengan iklan digital sebagai sumber pendapatan. Salah satu indikator yang menjamin keberhasilan mendapatkan iklan digital adalah performa trafik situs web yang baik. Sebagai strategi menyokong trafik situs web, media daring kemudian memanfaatkan laporan analisis web untuk memproduksi berita yang sedang ramai mendapatkan atensi publik melalui penerapan praktik metrics-driven journalism. Kendati demikian, rutinitas tersebut menuai dilema lantaran ditengarai mengikis penegakkan fungsi pers. Karena, media sejatinya tidak sekadar memberikan informasi, mengacu kepada Dominick (2005), media memiliki lima tanggung jawab untuk melayani masyarakat berdasarkan lima fungsi yang berkesinambungan; surveillance, interpretation, linkage, transmission of values, & entertainment. Fenomena ini akan diteliti menggunakan metode studi kasus Stake (1995) dengan menetapkan detikcom selaku media daring dengan konsumen terbanyak di Indonesia sebagai subjek penelitian. Berdasarkan perolehan data yang dilakukan dengan wawancara semi terstruktur terhadap empat informan yang berada di jajaran pimpinan dalam struktur redaksi, penelitian ini menemukan bahwa detikcom menjalankan tiga strategi utama untuk menggaet audiens yang dimotori oleh praktik metrics-driven journalism dan tetap menegakkan fungsi pers melalui dua upaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: fungsi pers, media daring, metrics-driven journalism 8 Fungsi Pers di ..., Alfitria Nefi Pratiwi, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:52
Last Modified: 11 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26084

Actions (login required)

View Item View Item