Analisis Resepsi Komunitas Cosplayer terhadap Pemberitaan Komunitasnya di Media

Naomi Machrizani, Fauziah (2023) Analisis Resepsi Komunitas Cosplayer terhadap Pemberitaan Komunitasnya di Media. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masuknya budaya asing di Indonesia membuat kemunculan komunitas- komunitas baru. Di antara banyaknya komunitas yang ada di Indonesia, komunitas cosplay adalah salah satu yang terus berkembang sejak pandemi. Namun, beberapa bagian komunitas cosplay masih merasakan keresahan akibat pandangan masyarakat yang menganggap mereka aneh. Hal tersebut membuat salah satu media lokal, Republika.co.id, mempublikasi berita yang menunjukan aksi unjuk rasa komunitas cosplay untuk mendapatkan ruang agar bebas berekspresi. Selain itu, media lain seperti CNN.com juga mempublikasi berita mengenai komunitas yang sama dengan sudut yang berbeda. CNN.com lebih menunjukan keuntungan yang bisa didapatkan dari hobi cosplay. Kedua berita tersebut menuai pro dan kontra yang disebabkan oleh perbedaan makna oleh pembaca. Pemaknaan khalayak terhadap berita dapat dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya faktor latar belakang dan pengalaman. Lalu, bagaimana dengan pemaknaan pesan berita komunitas cosplay Republika.co.id dan CNN.com oleh komunitas itu sendiri. Pada penelitian ini, penulis ingin melihat pemaknaan komunitas cosplay terhadap pemberitaan komunitasnya di media daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis resepsi dan model encoding-decoding milik Stuart Hall. Data dikumpulkan melalui proses wawancara lima informan yang merupakan bagian dari komunitas cosplay dan analisis framing pada dua berita dari Republika.co.id dan CNN.com. Kelima informan berada di posisi yang berbeda, empat berada di posisi negotiated reader dan satu berada di posisi dominant reader. Hasil penelitian membuktikan kelompok cosplay tidak sepenuhnya menerima pemberitaan komunitasnya di media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: analisis resepsi, komunitas cosplay, media daring 8 Analisis Resepsi Komunitas ..., Fauziah Naomi Machrizani, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:53
Last Modified: 11 Jul 2023 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26086

Actions (login required)

View Item View Item