Hiperrealitas Estetika Visual Makanan dalam Media Sosial Instagram Food Stylist @emilia_foodstylist

Catherine Suwages, Sharon (2023) Hiperrealitas Estetika Visual Makanan dalam Media Sosial Instagram Food Stylist @emilia_foodstylist. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkembangnya peran platform media sosial, khususnya Instagram, dalam proses pembentukan estetika makanan dan mempengaruhi perilaku konsumen. Membahas munculnya hiperrealitas, yaitu fenomena di mana representasi digital dari makanan menjadi lebih berpengaruh daripada pengalaman sebenarnya memakan makanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hiperrealitas estetika visual makanan dalam media sosial Instagram food stylist. Teori konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hiperrealitas, Estetika Visual Makanan, Fotografi Makanan, Food Stylist dan Media Sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma kritis. Analisis semiotika Roland Barthes menjadi metode dalam penelitian ini. Menemukan makna denotatif, konotatif, dan mitos suatu tanda merupakan tujuan utama dari analisis semiotika Roland Barthes. Menurut temuan penelitian ini, estetika visual makanan dalam media sosial Instagram @emilia_foodstylist mewujudkan hiperrealitas di era digital. Komposisi makanan hyperreal mengaburkan batas antara yang nyata dan digital, meningkatkan pentingnya daya tarik visual dalam konsumsi makanan dan membentuk ekspektasi dan pilihan khalayak. Temuan ini menambah perluasan studi tentang dampak media sosial dan hiperrealitas pada budaya makan modern. Hal tersebut terungkap setelah penelitian ini menganalisis menggunakan kajian sintagmatik, paradigmatik dan sintaksis terhadap empat sampel unggahan akun Instagram @emilia_foodstylist, untuk menemukan makna denotasi, konotasi, dan mitos.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Hiperrealitas, Estetika Visual Makanan, Instagram, Food Stylist
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:53
Last Modified: 11 Jul 2023 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item