Komunikasi Partisipatif Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Mandiri Tbk. untuk Meningkatkan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus pada Program Kewirausahaan Petani Desa Pamarican)

Pratiwi Dewi Gigih Putri, Monica (2023) Komunikasi Partisipatif Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Mandiri Tbk. untuk Meningkatkan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus pada Program Kewirausahaan Petani Desa Pamarican). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank Mandiri memiliki Program Kewirausahaan Petani Pamarican yang sudah berlangsung sejak 2017. Bank Mandiri sebagai pelaksana utama berupaya untuk memenuhi ekspektasi setiap stakeholder perusahaan berdasarkan pemetaan stakeholder yang tepat seperti primary stakeholder dan secondary stakeholder dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan perusahaan dan stakeholder dalam Program Kewirausahaan Petani dan implementasi model komunikasi partisipatif untuk membangun keterlibatan stakeholder. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi partisipatif, konsep CSR berbasis Integrated Value Creation (IVC), dan konsep keterlibatan stakeholder oleh Aimee L. Franklin, serta menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan Bank Mandiri melakukan pemetaan stakeholder sehingga setiap stakeholder dapat memahami isi pesan komunikasi CSR yang disampaikan. Bank Mandiri menerapkan komunikasi partisipatif heteroglasia yang berorientasi pada kelompok, komunitas, budaya, dan sosial ekonomi, dialog yang merupakan proses komunikasi secaraseimbang antar aktor komunikasi yang terlibat, dan komunikasi partisipatif poliponi yaitu tingkat tertinggi dalam komunikasi partisipatif di mana perbedaan yang ada dapat disatukan. Keberhasilan dalam implementasi komunikasi partisipatif adalah meningkatnya keterlibatan stakeholder dan memberikan outcome kepada peningkatan reputasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Corporate Social Responsibility, Integrated Value Creation, Stakeholder, Komunikasi Partisipatif
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:54
Last Modified: 14 Sep 2023 00:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26096

Actions (login required)

View Item View Item