Penerapan Intent Sentimen Analisis terhadap Review Aplikasi Mobile Legend pada Playstore

Krishna Kumara Prakasha, Imade, (2023) Penerapan Intent Sentimen Analisis terhadap Review Aplikasi Mobile Legend pada Playstore. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan analisis sentimen pada review aplikasi Mobile Legends di PlayStore menggunakan metode klasifikasi Multinomial Naive Bayes (MNB). Aplikasi PlayStore adalah platform populer untuk pengguna mendapatkan dan menilai aplikasi mobile. Mobile Legends, sebagai salah satu game populer di PlayStore, sering menerima berbagai macam review dari pengguna yang mencerminkan sentimen mereka terhadap game tersebut. Oleh karena itu, analisis sentimen dapat membantu memahami pandangan pengguna dan mengekstrak informasi penting dari volume besar review. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MNB, yang merupakan salah satu metode klasifikasi yang umum digunakan dalam analisis sentimen. Metode ini berdasarkan teori probabilitas dan memodelkan frekuensi kemunculan kata-kata dalam dokumen. Data review Mobile Legends diambil dari PlayStore dan dibagi menjadi dua kategori sentimen, yaitu positif dan negatif. Setelah itu, dilakukan tahap pra- pemrosesan data seperti pembersihan teks, vektorisasi, dan pembagian dataset menjadi data pelatihan dan data uji. Selanjutnya, model MNB dilatih menggunakan data pelatihan untuk mempelajari pola dan pola sentimen yang ada dalam review Mobile Legends. Setelah pelatihan, model diuji menggunakan data uji untuk memprediksi sentimen dari review yang belum pernah dilihat sebelumnya. Hasil prediksi sentimen tersebut didapatkan dari skenario percobaan pengujian terhadap data dengan perbandingan 80 : 20 persen tanpa menggunakan k-fold, perbandingan 80 : 20 menggunakan k-fold dimana k bernilai 5 fold, dan perbandingan data 80 : 20 menggunakan k fold dimana k bernilai 3 fold. Hasil pengujian dievaluasi menggunakan metrik evaluasi seperti akurasi, presisi, recall, dan f1-score. Setelah di evaluasi ditemukan hasil rata rata dimana perbandingan 80 : 20 dengan rata rata akurasi tertinggi didapatkan ketika melakukan percobaan K-Fold K=3 dimana rata rata akurasi dapat mencapai 79%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: PlayStore, Mobile Legends: Bang- Bang, gamifikasi, analisis sentimen, Multinomial Naive Bayes vii Penerapan Intent Sentimen...,
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:44
Last Modified: 18 Aug 2023 00:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26099

Actions (login required)

View Item View Item