Pemetaan Strategi Manajemen Impresi Nano Influencer Instagram

Phung, Delinda (2023) Pemetaan Strategi Manajemen Impresi Nano Influencer Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya influencer yang bermunculan di Instagram, salah satunya kategori nano influencer di berbagai bidang. Sebagai nano influencer, perlu menerapkan hal tertentu untuk membentuk impresi dirinya di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan manajemen impresi para nano influencer di media sosial Instagram. Konsep/teori yang digunakan sebagai acuan adalah Konsep Manajemen Impresi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data secara observasi serta dokumentasi terhadap 466 postingan dari 3 akun Instagram nano influencer terpilih dengan berbagai bidang yang berbeda. Data yang terkumpul dianalisis secara tematik berdasarkan konsep yang digunakan. Hasil penelitian memperlihatkan manajemen impresi agar disukai dan perilaku promosi diri diterapkan ketiga nano influencer saat mengunggah konten mereka. Selain itu, dua dari tiga akun Instagram nano influencer menerapkan manajemen impresi eksemplifikasi. Kesimpulan yang didapatkan, para nano influencer menerapkan manajemen impresi untuk menunjukkan imej mereka di Instagram sebagai sosok yang disukai, untuk promosi diri sesuai specialty mereka, atau menjadikan diri sebagai sosok teladan. Rekomendasi penelitian berikutnya, gunakan teori dan konsep lain yang lebih baru agar lebih up-to- date dan relate dengan keadaan sekarang serta gunakan wawancara untuk melengkapi data penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: nano influencer, manajemen impresi, instagram
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:46
Last Modified: 12 Jul 2023 10:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item View Item