Claudia, Bonifasia (2023) Pengaruh Personal Branding Jaehyun NCT terhadap Minat Beli Merchandise. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (391kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (165kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kpop merupakan sebuah genre musik yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Penggemar Kpop melonjak tinggi pada saat pandemi yang dikarenakan oleh keterbatasan aktivitas masyarakat (Databoks, 2021). Pandemi membuat Kpop menjadi tren, terutama kegiatan mengoleksi merchandise yang tiba-tiba meningkat secara drastis. Salah satu artis yang namanya ikutan melambung pada saat pandemi adalah grup NCT dan salah satu membernya yaitu Jaehyun. Pada saat pandemi, SM Entertainment sebagai agensi NCT, mengeluarkan banyak merchandise sebagai strategi bisnis selain mengeluarkan album musik. Peneliti melihat bahwa merchandise yang dijual sudah bervariasi dan merchandise milik Jaehyun selalu terjual habis. Maka dari itu, penelitian ini meneliti tentang pengaruh personal branding Jaehyun NCT terhadap minat beli merchandise dan seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut. Untuk meneliti pengaruh kedua variabel, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dan menggunakan metode survei serta kuesioner menjadi instrumennya. Populasi penelitian ini adalah penggemar NCT (NCTzen) terutama penggemar Jaehyun di Indonesia. Kuesioner akan disebarkan secara purposive sampling kepada minimal 200 responden (Malhotra, 2020) melalui media sosial Twitter dan Instagram, dengan karakteristik sampel yaitu perempuan yang berusia 15-30 tahun, penggemar Jaehyun dan NCT yang tertarik dengan merchandise idola, serta aktif dalam kegiatan penggemar. Dari penyebaran kuesioner tersebut, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh personal branding Jaehyun NCT terhadap minat beli merchandise. Variabel personal branding (X) terhadap variabel minat beli (Y) memiliki pengaruh sebesar 54,3 persen dan memiliki hubungan bersifat positif dan kuat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Merek Pribadi, Minat Beli, Jaehyun NCT, Barang Dagangan, Kpop |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 09:47 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 10:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26123 |
Actions (login required)
View Item |