Claudia, Bonifasia (2023) Pengaruh Personal Branding Jaehyun NCT terhadap Minat Beli Merchandise. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
| 
 | PDF HALAMAN_AWAL.pdf Download (905kB) | Preview | |
| 
 | PDF DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_I.pdf Download (719kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_II.pdf Download (582kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_III.pdf Download (391kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) | |
| 
 | PDF BAB_V.pdf Download (165kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
Abstract
Kpop merupakan sebuah genre musik yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Penggemar Kpop melonjak tinggi pada saat pandemi yang dikarenakan oleh keterbatasan aktivitas masyarakat (Databoks, 2021). Pandemi membuat Kpop menjadi tren, terutama kegiatan mengoleksi merchandise yang tiba-tiba meningkat secara drastis. Salah satu artis yang namanya ikutan melambung pada saat pandemi adalah grup NCT dan salah satu membernya yaitu Jaehyun. Pada saat pandemi, SM Entertainment sebagai agensi NCT, mengeluarkan banyak merchandise sebagai strategi bisnis selain mengeluarkan album musik. Peneliti melihat bahwa merchandise yang dijual sudah bervariasi dan merchandise milik Jaehyun selalu terjual habis. Maka dari itu, penelitian ini meneliti tentang pengaruh personal branding Jaehyun NCT terhadap minat beli merchandise dan seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut. Untuk meneliti pengaruh kedua variabel, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dan menggunakan metode survei serta kuesioner menjadi instrumennya. Populasi penelitian ini adalah penggemar NCT (NCTzen) terutama penggemar Jaehyun di Indonesia. Kuesioner akan disebarkan secara purposive sampling kepada minimal 200 responden (Malhotra, 2020) melalui media sosial Twitter dan Instagram, dengan karakteristik sampel yaitu perempuan yang berusia 15-30 tahun, penggemar Jaehyun dan NCT yang tertarik dengan merchandise idola, serta aktif dalam kegiatan penggemar. Dari penyebaran kuesioner tersebut, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh personal branding Jaehyun NCT terhadap minat beli merchandise. Variabel personal branding (X) terhadap variabel minat beli (Y) memiliki pengaruh sebesar 54,3 persen dan memiliki hubungan bersifat positif dan kuat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) | 
|---|---|
| Creators: | Claudia, Bonifasia (00000034960) | 
| Contributors: | Andira Putri, Vega Karina (0307128703) | 
| Keywords: | Merek Pribadi, Minat Beli, Jaehyun NCT, Barang Dagangan, Kpop | 
| Subjects: | 300 Social Sciences | 
| Sustainable Development Goals: | Goal 12. Ensure sustainable consumption and production patterns Goal 08. Promote sustained, inclusive and sustainable economic growth, full and productive employment and work for all Goal 09. Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation | 
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication | 
| Date Deposited: | 12 Jul 2023 09:47 | 
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26123 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
               
               
              