Akomodasi Komunikasi dalam Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian pada Komunikasi Antar Budaya (Studi Kasus pada Awardee IISMA Korea University dalam Program Language Teaching Experience)

Andiny, Cathlin (2023) Akomodasi Komunikasi dalam Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian pada Komunikasi Antar Budaya (Studi Kasus pada Awardee IISMA Korea University dalam Program Language Teaching Experience). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Anxiety dan uncertainty merupakan salah satu halangan yang sering ditemukan dalam komunikasi antar budaya. Pengelolaan anxiety dan uncertainty diperlukan untuk mencapai tujuan utama yaitu intercultural adjustment. Salah satu negara tujuan favorit mahasiswa untuk melakukan study abroad adalah Korea Selatan. Sayangnya, mahasiswa Internasional di Korea Selatan justru mengalami anxiety dan uncertainty yang sangat tinggi. Oleh karena itu, banyak program yang disediakan oleh kampus untuk memediasi anxiety dan uncertainty yang dialami oleh mahasiswa Internasional, salah satunya LTE Partner di Korea University. Akomodasi Komunikasi menjadi teori yang menjelaskan lebih dalam apa dan bagaimana intercultural adjustment itu dilakukan dalam konteks interpersonal maupun intergroup communication. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab anxiety dan uncertainty yang dialami, proses pengelolaan anxiety dan uncertainty yang dilakukan, dan akomodasi komunikasi yang dilakukan. Teori Anxiety dan Uncertainty Management akan menjadi teori utama dalam penelitian ini dan Akomodasi Komunikasi akan menjadi teori pendukung penelitian ini untuk melihat lebih rinci penyesuaian yang dilakukan dalam mengelola anxiety dan uncertainty yang dirasakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahasa menjadi faktor utama dari anxiety dan uncertainty yang dirasakan. Perasaan cemas, gugup, dan khawatir merupakan anxiety yang dirasakan ketika akan berinteraksi dengan LTE partner, dan predictive uncertainty juga tetap dialami. Konvergensi menjadi strategi akomodasi komunikasi yang paling banyak dilakukan dan berperan dalam pengurangan anxiety dan uncertainty yang dirasakan. Namun, sifat kolektivis dan high context culture masih sangat melekat dan sulit ditinggalkan, menjadi divergensi dalam akomodasi komunikasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Anxiety and Uncertainty Management, Akomodasi Komunikasi, Indonesian International Student Mobility Awards, Korea University.
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:50
Last Modified: 12 Jul 2023 11:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item