Perancangan Pasar Jiung dengan Pendekatan Konsep Betawi sebagai Ruang Publik di Kemayoran, Jakarta

Gratia, Vanessa (2023) Perancangan Pasar Jiung dengan Pendekatan Konsep Betawi sebagai Ruang Publik di Kemayoran, Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kota Jakarta memiliki pasar ­ pasar tradisional sesuai dengan budaya masing - masing baik dalam bentuk fisik bangunan maupun di ruang publik, terutama pada kawasan Kemayoran. Kemayoran merupakan kawasan yang menerapkan budaya Betawi dengan simbol patung ondel ­ ondel sebagai ikon dan daya tarik masyarakat sampai sekarang. Masyarakat Kemayoran memiliki kebiasaan berkumpul atau merayakan hari raya Jakarta sebagai ciri khas masyarakat Betawi, namun kawasan ini kurang memiliki ruang publik dalam mempertahankan aktivitas sosial. Ruang publik memunculkan berbagai aktivitas berdasarkan waktu, tempat, maupun jenis pengguna. Pasar menjadi salah satu prasarana ruang terbuka publik bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian, sosial, dan perkembangan kota. Pasar Jiung menjadi salah satu pasar tradisional di Kemayoran Jiung sebagai tempat perekonomian dan tempat perayaan hari raya Jakarta, namun sekarang pasar menjadi tempat perekonomian saja. Permasalahan pada Pasar Jiung menjadi pertimbangan untuk merancang kembali pasar dengan kualitas yang baik. Perancangan bertujuan untuk meminimalkan adaptasi pengguna terhadap behavior setting akan aktivitas fenomena sosial dan pembentukkan fisik (physical setting) Pasar Jiung. Perancangan relokasi dan revitalisasi Pasar Jiung Kemayoran bertujuan untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan ruang publik dalam memunculkan aktivitas sosial. Perancangan ini bertujuan meningkatkan perekonomian, sosial, dan budaya, serta mengurangi adatapsi penghuni atau warga akan kehadiran lapak pasar. Perancangan mengembalikan identitas budaya lokal Betawi dengan penerapan tipologi dan penyediaan ruang akan kebutuhan kebiasaan masyarakat Kemayoran.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pasar Jiung, Betawi, Fenomena Sosial, Pembentukkan Fisik Pasar, Kemayoran
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:50
Last Modified: 12 Jul 2023 10:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26144

Actions (login required)

View Item View Item