Implementasi Strategi Customer Relationship Management Shopee dalam Mempertahankan Customer Loyalty

Widjaja, Jason (2023) Implementasi Strategi Customer Relationship Management Shopee dalam Mempertahankan Customer Loyalty. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan pandemi COVID-19 yang mempercepat implementasi revolusi industri 4.0 di Indonesia pada berbagai industri, terutama bidang e-commerce. Perkembangan yang sangat pesat tersebut, menjadikan Shopee sebagai brand yang mampu merajai pasar e-commerce. Oleh karena itu, Shopee membutuhkan sebuah strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, yaitu Customer Relationship Management berbentuk Shopee member. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi Customer Relationship Management dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus, dan memanfaatkan teknik purposive sampling dalam wawancara terstruktur untuk teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi menarik yang dilakukan oleh Shopee dalam program CRM Shopee member untuk mencapai tujuan yaitu menjalankan keempat dari kelima tahapan implementasi CRM dari konsep Buttle & Maklan tahun 2019. Satu tahapan yang tidak dilakukan adalah tidak melaksanakan tahapan ketiga yaitu melakukan kerja sama dengan pihak eksternal dan memanfaatkan pihak internal baik sumber daya Manusia maupun Teknologi, akan tetapi tetap membuahkan hasil dengan meningkatnya loyalitas pelanggan Shopee, tetapi masih membutuhkan waktu untuk meningkatkan revenue Shopee.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Loyalitas Pelanggan, Customer Relationship Management (CRM), Shopee, Shopee member
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:51
Last Modified: 12 Jul 2023 10:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26153

Actions (login required)

View Item View Item