Widjaja, Jason (2023) Implementasi Strategi Customer Relationship Management Shopee dalam Mempertahankan Customer Loyalty. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (250kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan pandemi COVID-19 yang mempercepat implementasi revolusi industri 4.0 di Indonesia pada berbagai industri, terutama bidang e-commerce. Perkembangan yang sangat pesat tersebut, menjadikan Shopee sebagai brand yang mampu merajai pasar e-commerce. Oleh karena itu, Shopee membutuhkan sebuah strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, yaitu Customer Relationship Management berbentuk Shopee member. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi Customer Relationship Management dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus, dan memanfaatkan teknik purposive sampling dalam wawancara terstruktur untuk teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi menarik yang dilakukan oleh Shopee dalam program CRM Shopee member untuk mencapai tujuan yaitu menjalankan keempat dari kelima tahapan implementasi CRM dari konsep Buttle & Maklan tahun 2019. Satu tahapan yang tidak dilakukan adalah tidak melaksanakan tahapan ketiga yaitu melakukan kerja sama dengan pihak eksternal dan memanfaatkan pihak internal baik sumber daya Manusia maupun Teknologi, akan tetapi tetap membuahkan hasil dengan meningkatnya loyalitas pelanggan Shopee, tetapi masih membutuhkan waktu untuk meningkatkan revenue Shopee.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Loyalitas Pelanggan, Customer Relationship Management (CRM), Shopee, Shopee member |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 09:51 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 10:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26153 |
Actions (login required)
View Item |