The Influence of Social Media Information in Employer Branding of ESG-Based Startup Companies (Aruna dan Waste4Change) on The Perception of Generation Z

Zahranabella, Almira (2023) The Influence of Social Media Information in Employer Branding of ESG-Based Startup Companies (Aruna dan Waste4Change) on The Perception of Generation Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam transformasi Indonesia ke ekonomi hijau, pemerintah mendukung secara penuh segala cara. Salah satu upaya dari dukungan pemerintah adalah dengan membuka lapangan pekerjaan hingga 2.2 juta peluang lapangan pekerjaan hingga tahun 2060. Oleh karena itu, lahirlah banyak perusahaan startup berbasis Environment, Social, dan Governance. Dengan banyaknya peluang pekerjaan yang diberikan, perusahaan harus bisa menarik kandidat potensial yang sesuai. Bagi perusahaan, sumber daya manusia merupakan aset penting. Tetapi banyak dari generasi Z masih ragu untuk bekerja dalam bidang tersebut dan hal ini akan menyebabkan perusahaan startup berbasis ESG berperang dalam perebutan talenta (war of talent). Perusahaan dapat membangun employer branding untuk membentuk daya tarik perusahaan pada persepsi generasi Z yang akan meningkatkan intensi mereka dalam melamar kerja. Untuk membangun hal tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai platform untuk memberikan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana pengaruh informasi media sosial perusahaan dalam employer branding perusahaan startup berbasis ESG (Aruna dan Waste4Change) terhadap persepsi generasi Z. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dan melakukan penyebaran kuesioner kepada 96 responden (judgement sampling). Model analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM-PLS) dengan tools pengolahan data dengan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara information availability terhadap employer brand image dan employer attractiveness, employee advocacy terhadap employer brand image dan employer attractiveness, employer brand image terhadap employer attractiveness, dan employer attractiveness terhadap application intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Employer Branding, Information Availability, Employee Advocacy, Employer Attractiveness, Employer Brand Image, Application Intention, ESG-Based Startup
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:52
Last Modified: 12 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item