Motif dan Kepuasan Investor Generasi Z dalam Mengakses Berita Saham di Media Sosial Instagram Bisnis.com

Efraim Timotius, Davis (2023) Motif dan Kepuasan Investor Generasi Z dalam Mengakses Berita Saham di Media Sosial Instagram Bisnis.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)

Abstract

Minat investasi saham di pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini terlihat dari jumlah investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) per Agustus 2022 yang didominasi oleh generasi Z berusia di bawah 30 tahun sebesar 59,22 persen yang mencapai angka 9.540.027 investor atau meningkat 176,58% dari tahun 2019. Bagi para investor kebutuhan akan berita atau informasi seputar bisnis, ekonomi, dan investasi menjadi sangat penting dalam pembuatan keputusan dan keberhasilan investasi. Namun, sekitar 88 persen masyarakat Indonesia saat ini cenderung memanfaatkan media daring yang didominasi oleh media sosial sekitar 68 persen menjadi sumber berita utama yang paling banyak diakses oleh masyarakat luas mengalahkan televisi dan media cetak. Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana motif dan kepuasan investor saham generasi Z dalam mengakses berita saham di Instagram Bisnis.com. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications 2.0 atau model MAIN yaitu modality, agency, interactivity, dan navigability yang dikemukakan oleh Sundar dan Limperos (2013) untuk mengetahui motif dan kepuasan khalayak terhadap media baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksplanatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara tipe semi terstruktur untuk mendapatkan kedalaman informasi atau data yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan data empiris mengenai motif dan kepuasan investor generasi Z dalam mengakses berita saham di Instagram Bisnis.com.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Motif dan Kepuasaan, Generasi Z, Berita Saham, Media Sosial, Uses and Gratifications 2.0, Model MAIN, Bisnis.Com
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:44
Last Modified: 13 Jul 2023 10:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26170

Actions (login required)

View Item View Item